Denpasar
Bunda Paud Sagung Antari Jaya Negara Terima Kunjungan Bunda Paud Lubuk Linggau. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Keberhasilan Kota Denpasar dalam memajukan pendidikan usia dini (PAUD) dilirik berbagai daerah untuk menimba ilmu. Kali ini Bunda Paud Kota Lubuk Linggau Sumatra Selatan mengunjungi Kota Denpasar. Kedatangan Bunda Paud Kota Lubuk Linggau yang dipimpin Hj. Yetti Oktarina Prana bersama Ketua Pokja Bunda Paud, Hj. Sri Haryati dan Wakil Ketua Pokja Bunda Paud, Hj. Kolbiyah diterima Bunda Paud Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara di Gedung Wanita Shanti Graha Denpasar, Senin (22/8/2022).

Saat menerima kunjungan Bunda Paud Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara didampingi Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Baca Juga :  Jaga Netralitas Pemilu, Dewa Made Indra Minta Dukungan ASN Hanya Dilakukan di Bilik TPS

Dalam kesempatan itu Bunda Paud Lubuk Linggau, Hj. Yetti Oktarina Prana mengatakan, Kota Denpasar juga terkenal akan kota paud yang terbaik dan memiliki beberapa kegiatan yang patut ditiru.

“Untuk itu kami ingin belajar sehingga kedepan bisa diterapkan di Kota Lubuk Linggau,” kata Oktarina.

Bunda Paud Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih atas kunjungannya ke Kota Denpasar. Menurut Ny. Sagung Antari Jaya Negara program Pokja Paud di Kota Denpasar tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya. Namun selama pandemi covid pihaknya tidak bisa melaksanakan kegiatan menggunakan anggaran APBD. Untuk melaksanakan kegiatan pihaknya mendapat bantuan CSR dari pihak swasta.

Kegiatan Paud baru bisa dilaksanakan di awal tahun 2022, kegiatan pertama adalah pelaksanaan pengukuhan bunda paud, bunda paud kecamatan dan desa kelurahan. Selanjutnya dilaksanakan Diklat Paud diikuti oleh Bunda Paud Kecamatan Desa Kelurahan.

Baca Juga :  Jadi Alternatif Lembaga PAUD, Layanan SI PRIMA E-Rapor Tunjukkan Komitmen Jangka Panjang

“Disamping itu dilakukan bimtek bagi guru pendamping paud di seluruh Kota Denpasar agar mereka mengerti apa bunda paud itu,” ungkap Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Lebih lanjut Ny Sagung Antari Jaya Negara mengaku kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan adalah Parenting Paud. Diadakan berbagai kegiatan lomba dalam rangka melakukan sosialisasi pentingnya PAUD, edukasi PAUD berkualitas dan layanan paud, parenting paud kearifan lokal dalam penguatan profil pelajar pancasila, para pemenang lomba dalam parenting paud. MOU dengan HIMPSI Bali terkait Kerjasama dengan organisasi mitra dalam penanganan anak usia dini.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024

Selain Bunda Paud pihaknya juga menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar sehingga sehingga dalam kegiatan Paud pihaknya juga bersinergi dengan TP PKK, salah satunya kegiatannya adalah mengatasi stunting dengan memberikan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil, balita dan para lansia serta disabilitas.

Untuk jumlah satuan paud untuk Taman Kanak-Kanak sebanyak 272 lembaga dengan jumlah peserta didik 12639, Kelompok Bermain sebanyak 14 lembaga dengan peserta didik 391, Tempat Penitipan Anak 6 dengan 127 peserta didik lembaga dan Satuan PAUD sejenis sebanyak 2 lembaga dengan 28 peserta didik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News