Safety Riding
Webinar Safety Riding Bersama Karyawan PT Telkom Akses Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai perusahaan yang selalu aktif mengkampanyekan pentingnya keselamatan berkendara dengan hastag #Cari_Aman, Astra Motor Bali melalui team safety riding-nya menggandeng sejumlah perusahaan untuk menularkan sekaligus memberikan edukasi safety riding untuk karyawannya yang rata-rata menggunakan sepeda motor untuk aktifitas sehari-hari.

Melalui webinar pada Kamis (13/7/2022) lalu, Team Safety Riding Astra Motor Bali bekerjasama dengan PT Telkom Akses Bali yang dimana rutin setiap tahun memberikan pelatihan/teori terhadap karyawannya dengan merefreshment dan menyampaikan hal-hal penting selama berkendara di jalan raya serta persiapan yang wajib diketahui.

Melalui refresment ini, diharapkan lebih menghargai pengguna jalan yang lain dan selalu menggunakan perlengkapan berkendara yang baik dan benar. Selanjutnya ditampilkan angka kecelakaan di tahun 2019 lebih tinggi dari tahun 2020 yang mengalami penurunan karena pandemi, dan 75% kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah pengguna sepeda motor dan rata-rata berada di usia 14-39 tahun yang artinya adalah usia produktif.

Penyebab kecelakaan dari beberapa faktor diantaranya faktor manusia, faktor kendaraan serta faktor Lingkungan, dimana faktor manusia lebih dominan menyebabkan terjadinya kecelakaan seperti (emosi pada saat berkendara, pengaruh obat-obatan, mengantuk, dll).

Baca Juga :  Lebih dari 170 Program Menarik di Ubud Writers & Readers Festival 2019

Selain itu perlu di ketahui beberapa perlengkapan berkendara, antara lain: helm jaket, sarung tangan, sepatu dan menggunakan celana panjang. Perlengkapan ini sangat penting sebagai salah satu upaya untuk mengurangi resiko cedera yang berlebihan yang diterima oleh tubuh disaat terjadinya kecelakaan pada saat berkendara.

Diikuti oleh 75 peserta, suasana webinar ini sangat interaktif karena peserta banyak bertanya dan memberikan komentar yang positif, Pembicara mengingatkan kembali seluruh peserta untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan sebelum berkendara mulai dari, pengecekan bahan bakar, oli, ban, kopling, rem, lampu, spion serta kelengkapan SIM dan STNK. Peserta juga disarankan untuk melakukan pemanasan sejenak sebelum menggunakan motor agar tubuh lebih siap disaat melakukan manuver pada saat berkendara.

Baca Juga :  Keseruan Honda Bikers Land, Komunitas Honda Bali Jaga Silaturahmi dan Kekompakan

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengingatkan juga tentang 7 postur berkendara yang penting, yaitu: kepala selalu fokus kedepan untuk mengambil informasi sebanyak-banyaknya, pundak rileks, siku ditekuk sedikit untuk meredam goncangan, tangan menggenggam penuh grip stang, pinggul disesuaikan agar merasa nyaman, lutut dan kaki lurus kedepan.

Webinar ini bertujuan agar peserta memahami pentingnya keselamatan berkendara, peserta memahami tehnik dasar berkendara, dan peserta mampu mengenali dan memprediksi bahaya.

“Melalui kegiatan ini, harapan kami peserta semakin mengerti dan dapat mengubah mindset dalam berkendara dijalan raya dengan mengutamakan safety riding dan selalu #Cari_Aman saat berkendara. Bentuk kepedulian Honda terhadap masyarakat terutama dalam hal keselamatan berkendara semoga dapat memberi manfaat bagi peserta weinar ini dan dapat menjadi role model berkendara yang baik dan benar,” ungkap Iswahyudi.

Baca Juga :  Pebalap Astra Honda Raih Podium Kedua di ATC Buriram

Salah satu peserta wanita, Lilis mengungkapkan kesulitan saat berkendara menggunakan sepeda motor adalah saat pengereman yang terkadang mengalami slip apabila tidak sempurna saat mengerem, namun oleh team safety riding meluruskan tehnik pengereman yang baik adalah mengkombinasikan antara pengereman depan dan belakang dengan komposisi 70% rem depan dan 30% rem belakang.

Selain pengereman, teknik menikung pun dibagikan untuk mengantisipasi potensi bahaya yang ada di jalan raya.

Sebagai penutup, Ketua Panitia dari PT Telkom Akses Bali, Satya Wiguna, berterima kasih atas edukasinya dan sharingnya yang sangat bagus untuk bekal karyawan.

“Ternyata terkait safety riding sangat banyak yang harus diketahui, termasuk teknik berkendara pun harus diketahui, semoga ilmu dan sharing ini bermanfaat dan dapat diterapkan untuk keseharian,“ ungkapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini