Wali Kota Denpasar
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri aksi sosial 'Karma Yadnya’ Donor Darah yang digelar Pasemetonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Lumintang, Denpasar, Minggu (10/7/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi sekaligus ungkapan rasa terima kasih atas terselenggaranya ‘Karma Yadnya’ Donor Darah yang digelar Pasemetonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Lumintang, Denpasar, Minggu (10/7/2022). Kegiatan kemanusiaan ini, merupakan agenda rutin setiap tiga bulan sekali yang diadakan pasemetonan ini untuk membantu sesama yang membutuhkan darah. Wali Kota Jaya Negara pun turut langsung mendonorkan darahnya pada aksi sosial tersebut.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Pembina ‘Karma Yadnya’ Donor Darah, I.B Rai Dharmawijaya Mantra yang juga Wali Kota Denpasar periode 2008-2021, Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, Anggota DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar serta undangan lainya.

Baca Juga :  Penuhi Faktor Keselamatan dan Keamanan Destinasi Wisata, Pemkot Denpasar Berikan Pelatihan Kepada Puluhan Pelaku Wisata

Wali Kota Jaya Negara menyambut baik kegiatan sosial yang diberi nama Karma Yadnya Donor Darah ini. Dimana, pihaknya berterimakasih atas kontribusi nyata Pasemetonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan dalam mendukung ketersediaan stok darah di Kota Denpasar.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Denpasar saya menyampaikan apresiasi sekaligus rasa terima kasih atas kontribusi nyata Pasemetonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan dalam aksi sosial Donor Darah, tentu ini merupakan sebuah upaya nyata dalam mendukung ketersediaan darah di Kota Denpasar,” ujarnya.

Moncol Lanang Cepaka Pemecutan, A.A Ngurah Alit Wirakesuma SH., mengatakan awal mula tercetus untuk mengadakan donor darah dari adanya bencana tsunami Aceh dan gempa bumi di Yogyakarta.

“Pasemetonan Warga Ageng Lanang Cepaka Pemecutan yang merupakan salah satu dari 40 moncol yang ada, bergerak di bidang kemanusiaan yang tak terlepas dari sebuah peristiwa dan beragam bentuk dari seluruh kegiatan yang ada. Karena kegiatan ini sangat mendesak, apalagi pada 28 Juli 2022, Puri Pemecutan mengadakan mamukur. Karena itu, kami mengundang yang terdekat dulu, yaitu Lanang Tainsiat, Lanang Busung Yeh, Lanang Ceramcam dan Lanang Dawan. Dari Lanang Cepaka Pemecutan ini, kami memaksimalkan Jro yang ada, yaitu Jro Tegal Jenggala, Jro Abian Timbul, Jro Kepaon, Jro Taman Begendra lan Tainsiat, Jro Langon, Jro Pemeregan, dan Jro Seminyak. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa terlaksana dengan semestinya di bidang kemanusiaan,” ujar Wirakesuma,

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Turnamen Sepak Bola Tunjung Mekar Cup 2

Sementara Ketua Lanang Karang Cepaka Pemecutan, A.A Ketut Gede Widhiarta menyatakan kegiatan yang bergerak di bidang kemanusiaan ini sudah menjadi agenda rutin tiga bulan sekali yang didukung penuh Palang Merah Indonesia (PMI) Bali. Kegiatan Donor Darah kali ini diikuti 112 orang, namun yang memenuhi syarat 89 orang.

Sedangkan untuk bantuan sosial yang dihimpun dalam donor darah, lanjut Widiartha, diisi dengan memberikan sembako kepada kusir dokar, tukang suwun dan petugas kebersihan yang lama mengabdi.

“Berawal dari tsunami Aceh dan gempa di Yogyakarta itu, membuat kami terenyuh mengadakan kegiatan kemanusiaan. Satu-satunya yang bisa kami ambil, yaitu progran donor darah. Karena pada saat itu, pemerintah pusat sangat membutuhkan darah,” ucapnya.

Baca Juga :  Berjualan di Atas Trotoar, Satpol PP Denpasar Tertibkan Pedagang Kaki Lima

“Kegiatan donor darah ini tetap rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali. Untuk pusatnya jika dilakukan donor darah di Jro Kaliasem,” imbuhnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News