siswa papua
Siswa-siswi lulusan SMP dari Papua dan Papua Barat yang mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan di Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Siswa-siswi lulusan dari SMP di Papua berkesempatan menimba ilmu atau bersekolah di SMA/SMK di Kabupaten Buleleng. Hal itu didapat mereka dinyatakan lulus dan memenuhi syarat saat mengikuti tes dalam rangka program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Angkatan ke IX Tahun 2022 yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek RI.

Mereka yang berhasil lulus ini nantinya akan diberikan kesempatan untuk menuntut ilmu sesuai minat dan bakatnya masing-masing serta ditempatkan di empat sekolah yakni ada dua siswa di SMAN 2 Singaraja, dua siswa di SMAN 4 Singaraja, tiga siswa di SMKN 1 Singaraja, dan dua siswa di SMKN 1 Sukasada.

Baca Juga :  Pelatihan Lekukan Aksara (Leak) Bali Berbasis Hukum Belajar Thorndike Berbantuan Audio Keaksaraan Bali di Komunitas Tunanetra Mantra Beraksi

Sekedar informasi bahwa dalam Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah guna melakukan pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak Papua dan Papua Barat terbaik serta daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

Melalui program itu khususnya di Bali sudah ada 55 siswa Papua yang mendapatkan atau diberikan kesempatan supaya melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah. Sebaran siswa ada di masing-masing sembilan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali.

Koordinator sekaligus Penanggung Jawab Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Provinsi Bali, Drs. I Made Darwis Wibawa, MM., menyebutkan bahwa seluruh siswa Papua itu nantinya menjalani masa pendidikannya di jenjang SMA/SMK selama tiga tahun penuh dan ditanggung beasiswa langsung dari Kemendikbud sebesar Rp23 Juta lebih dalam setahun. Beasiswa terkait dialokasikan untuk biaya hidup serta sejumlah keperluan selama ada di tempatnya menimba ilmu.

Dengan dukungan program beasiswa dari pemerintah pusat, diharapkan setelah usai mengenyam pendidikan menengah di daerah dengan kematangan pendidikan dapat meratakan mutu pendidikan di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Pj Bupati Lihadnyana Ajak Pj Gubernur Bali Panen Cabai Bersama
siswa papua
Siswa-siswi lulusan SMP dari Papua dan Papua Barat yang mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan di Bali. Sumber Foto : Istimewa

“Seluruh biaya pendidikan, makan, pemondokan dan biaya oprasional lainnya diserahkan kepada Pemerintah. Khusus di Singaraja mereka kami sewakan kost yang dekat dengan sekolah sehingga mudah berangkat kesekolah serta kita pantau,” jelas Darwis.

Kemudian kata Darwis dihari pertama semua siswa-siswi ini telah mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di masing-masing sekolah. Darwis menyebut bahwa sebelumnya mereka diberikan kesempatan untuk memilih melanjutkan ke jenjang SMA/SMK.

“Khusus SMA sudah ditentukan. Sementara siswa yang memilih SMK berhak memilih jurusan untuk selanjutnya didistibusikan ke sekolah yang sudah ada kerjasama dengan Kemendikbudristek,” jelasnya.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News