Rip Curl Padang-padang
Rip Curl Padang-padang Kembali Hadir Formasi Baru untuk 8 Peselancar Lokal yang Beruntung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Setelah dua tahun lamanya absen akibat pandemi, WSL dan Rip Curl dengan senang hati mengumumkan bahwa acara tahunan Rip Curl Cup Padang Padang yang ke-16 hadir kembali, dan untuk tahun ini tidak hanya menyediakan media yang sempurna bagi 8 tube riders internasional terbaik dunia sebagai tantangan untuk mereka bergelut dengan ombak di planet ini, tetapi juga untuk menyambut formasi baru kompetisi trials yang akan menjadi penentu siapakah dari 8 peselancar lokal legendaris dan pemenang terdahulu yang akan menjadi tube riders selanjutnya. Termasuk didalamnya peselancar wanita pertama yang akan bergabung dengan 8 peselancar internasional, Sabtu (23/7/2022).

Ty Sorati, selaku Manajer WSL Asia Pasific, mengatakan event ini sangat unik karena hanya berlangsung di momen ombak terbaik, yang artinya kita akan melihat ombak yang sempurna pada saat kompetisi berlangsung. ia tidak sabar untuk bisa menyaksikan para tube riders terbaik dunia dan juga Indonesia bergumul dengan ombak paling mistis di dunia.

“WSL sangat bersemangat untuk menyambut Rip Curl Cup Padang Padang tahun ini di Indonesia. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Rip Curl dalam event spesial ini di tahun 2022,” papar Ty Sorati.

Ke-16 tube riders profesional yang diundang akan bersiap selama bulan Agustus untuk mengantisipasi momen ombak dan gelombang yang spektakuler tersebut datang serta menunjukkan kepada penonton selancar di seluruh dunia bagaimana mereka bisa menguasai ombak Padang-Padang yang begitu mistis.

Baca Juga :  Bascomm Gelar Lokakarya Pariwisata Bali, Mendongkrak Pasar Australia dan Eropa

Event Manager Rip Curl Indonesia, Ribut Wahyudi bersama Direktur Kontes Rip Curl Indonesia, James Hendy siap siaga mengamati, membaca situasi dan menganalisa semua kemungkinan yang ada, dan siap untuk memberi sinyal Rip Curl Cup untuk ON ketika kondisi ombak Padang-Padang yang sempurna terjadi.

“Bisa menyaksikan para tube riders terbaik dunia berhadapan dengan talenta terbaik Indonesia di Bali setelah dua tahun absen adalah sesuatu yang kita semua impikan,” kata Direktur Kontes, James Hendy.

James Hendy berterima kasih kepada komunitas selancar lokal dan Pemerintah Daerah yang telah mengizinkan tradisi ini berlanjut dan berharap dapat melihat semua orang bisa datang di acara pembukaan event ini di Pantai Padang Padang pada Minggu (31/7/2022) nanti.

Kompetisi Rip Curl Cup Trials tahun ini mengalami perubahan yang signifikan dalam proses seleksi 8 peserta lokal yang akan masuk ke 16 besar pada main event. Pada tahun-tahun sebelumnya, 4 finalis teratas dari Trials dan 4 teratas dari main event tahun lalu tergabung dalam 8 pemain internasional yang akan menuju babak final, tetapi tahun ini membawa perubahan evolusioner pada formasi trials.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Tutup Gelaran Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024

Di antara para barrel rider terbaik dunia, telah dipastikan bahwa Taina Angel Izquierdo akan ikut serta mewakili Indonesia sebagai satu-satunya kompetitor wanita pada heat draw kompetisi trials tahun ini.

“Sedari aku kecil, aku selalu datang ke event Rip Curl Cup Padang Padang untuk menyaksikan dan merasakan betapa spesial dan ajaibnya acara ini,” tutur Taina Angel.

Taina Angel menurutkan, ketika mendapat undangan untuk berselancar dalam kompetisi trials tahun ini, ia merasa sangat kagum, terhormat dan bersyukur.

“Menjadi satu-satunya peselancar wanita Indonesia yang berkompetisi melawan beberapa peselancar favoritku dan bukan sekedar di tempat surfing biasa, tetapi di Padang Padang? Wah, benar-benar mimpi yang jadi kenyataan,” imbuhnya.

32 peselancar lokal telah diundang untuk kompetisi trials sama seperti sebelumnya, tetapi saat sudah berada di air bisa menjadi sesuatu yang luar biasa Berikut adalah bagaimana kompetisi trials ini akan berlangsung, round Robin (tanpa eliminasi), 1 babak terdiri dari 8 peserta, terdiri dari 8 babak, masing-masing 1 jam, tanpa prioritas.

Baca Juga :  The Apurva Kempinski Bali dan Samsara Living Museum Hadirkan Pameran Lontar Kitab Sutasoma

Setiap peselancar akan berkompetisi sebanyak dua kali, dengan dua ombak terbaik dihitung untuk keseluruhan skor (20 dari 20 sebagai kemungkinan untuk mendapatkan skor tertinggi). 8 Peselancar terbaik dengan total skor tertinggi akan masuk ke event utama, peselancar dengan total nilai gabungan tertinggi akan menjadi Juara Rip Curl Cup Padang-Padang Trials 2022.

Untuk memastikan bahwa Rip Curl Cup 2022 bisa didengar oleh para penggemar surfing di seluruh dunia, Rip Curl kembali bekerjasama dengan WSL untuk ke-5 kalinya dan Rip Curl Cup menjadi specialty event sanction. Masa tunggu Rip Curl Cup Trials telah berlangsung, dan bersamaan dengan press release ini kemungkinan akan berlangsung antara tanggal 26-29 Juli jika prediksi ombak saat ini menjadi kenyataan.

Rip Curl Cup Padang Padang 2022 juga akan disiarkan langsung ke dunia melalui ripcurl.com dan worldsurfleague.com. Para penggemar juga dapat mengakses website Rip Curl untuk perkiraan terbaru ombak Padang Padang, begitu juga berita terakhir mengenai status kontes secara real-time, dan video terbaru dari Bali. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News