film unud
Kembangkan Potensi dalam Dunia Perfilman, Departemen Minat dan Bakat BEM Udayana Selenggarakan Udayana Film Festival 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Udayana menyelenggarakan Udayana Film Festival 2022 yang berlangsung selama tiga hari yakni dari Rabu (13/7/2022) hingga Jumat (15/7/2022) bertempat di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar.

‘Pesona Indonesia’ merupakan tema yang diangkat dalam gelaran UFIFEST tahun ini. Tujuan dari diadakannya festival ini untuk mewadahi generasi muda, khususnya mahasiswa dan pelajar dalam mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang perfilman. Sehingga nantinya generasi muda tidak hanya terfokus dalam bidang akademik, namun juga dapat mengembangkan kreativitasnya dalam bidang non akademik.

Ketua Panitia Penyelenggara Luh Ketut Nanda Priangbidari dalam laporannya menyampaikan bahwa Udayana Film Festival ini dihadirkan dalam serangkaian workshop & talkshow megenai perfilman dan fotografi, pameran karya peserta fotografi, screening karya peserta film, serta tentunya kompetisi tingkat nasional.

Workshop dan talkshow dihadirkan sebagai upaya untuk menumbuhkan minat dalam bidang perfilman, panitia menghadirkan 12 pembicara yang memang kompeten dalam bidangnya, diantaranya Akademisi, Sutradara, Produser, Fotografer, Presenter, dan Seniman. Selama tiga hari pelaksanaan, tiap harinya dibagi menjadi 4 kelas dengan masing-masing pembicara. Secara keseluruhan, talkshow dan workshop diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa.

Baca Juga :  Dukung Program Deligi, TP PKK Kota Denpasar Jajaki Kerjasama dengan Unmas Denpasar

Antusiasme yang tinggi dalam gelaran Udayana Film Festival dapat dilihat dari total karya yang diikutsertakan didalamnya. Panitia menyelenggarakan pameran karya fotografi dari seluruh peserta kompetisi fotografi dengan total ratusan karya yang ditampilkan. Pameran ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi kepada peserta, selain itu juga dapat menjadi ajang study bagi partisipan yang hadir ke Rung Pameran, Gedung Dharma Negara Alaya untuk melihat karya dari peserta seluruh Indonesia.

Screening Film juga tidak ketinggalan untuk dihadirkan. total 30 Film karya nominator film fiksi dan film dokumenter ditayangkan dalam waktu 3 hari. I Ngurah Gede Adi selaku kurator menerangkan bahwasannya cukup sulit untuk menyeleksi karya yang disubmit kepada panitia, setiap karya memiliki daya tarik yang berbeda, namun demikian dengan adanya screening ini harapannya semua pihak dapat menyaksikan sekaligus mengapresiasi karya dari peserta.

Baca Juga :  Kelurahan Peguyangan Gelar Aksi Bersih-Bersih Baliho

Output yang diharapkan dari diselenggarakannya Udayana Film Festival ini tentunya melahirkan sineas muda perfilman tanah air. Generasi muda tidak hanya hadir sebagai penikmat, namun juga pencipta dari karya film.

I Putu Bagus Padmanegara, kurator kompetisi film dokumenter sekaligus Kepala Departemen Minat dan Bakat BEM Udayana dalam mengumumkan nominasi karya Film Dokumenter menerangkan total karya yang masuk ke panitia sebanyak 365 karya dari 258 peserta yang diantaranya diikuti oleh Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Ciputra, ISI Surakarta, Universitas Sriwijaya, Universitas Hassanuddin, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Jenderal Soedirman, dan masih banyak lagi. Kompetisi dalam Udayana Film Festival tahun 2022 terdiri dari Kompetisi Film Dokumenter, Kompetisi Film Fiksi, Kompetisi Fotografi, serta Kompetisi Vlog.

Baca Juga :  Aksi Kolaborasi Generasi Muda dan Yayasan AHM Bangun Negeri

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D., dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi atas terselanggarakannya Udayana Film Festival tahun 2022 ini. Selain memberikan apresiasi, WR III tidak lupa untuk menyampaikan undangan kepada seluruh peserta yang hadir secara luring maupun daring untuk mengikuti kompetisi lainnya yang akan diselenggarakan Universitas Udayana.

“Adapun Udayana Art Festival yang merupakan kompetisi seni terbesar di Universitas Udayana dan Rektor Cup yang akan diselenggarakan pada September mendatang,” imbuhnya.

Antusiasme peserta yang sangat tinggi membuat pihak juri cukup sulit untuk menentukan pemenang dari tiap-tiap tangkai yang diperlombakan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News