pascasarjana unud
PSMIL Pascasarjana Unud berkolaborasi dengan UNIMAS Garap Penelitian Hibah Kerjasama Luar Negeri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kerja sama Penelitian (UNIMAS dan Pascasarjana UNUD) “Species distribution and composition of true and associate mangrove, and marine wood borer from mangrove forest in Bali”

Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pascasarjana Universitas Udayana melaksanakan berbagai kegiatan baik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi tersebut, Pascasarjana Universitas Udayana bekerja sama dengan berbagai pihak.

Kerja sama yang dimaksudkan salah satunya dengan Universitas Sarawak Malaysia. Kerja sama Pascasarjana dengan Universitas Malaysia Sarawak (UNIMAS) telah berlangsung sejak penandatanganan MoU pada tahun 2018, baik kerja sama di bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu bentuk kerja sama dalam hal penelitian yaitu Di tahun 2022, KoProdi Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Prof. Ir. Ida Ayu Astarini, MSc, PhD, melakukan kerja sama penelitian dengan A/Prof. Khairul Adha dengan topik penelitian “Species distribution and composition of true and associate mangrove, and marine wood borer from mangrove forest in Bali”.

Baca Juga :  Hari Ini AHASS Siaga Plus di Negara Siap Layani Pemudik

Penelitian ini didanai dari hibah PNBP Unud, pada skim Hibah Kerja Sama Luar Negeri.  Staf dosen Biologi Dr. Ketut Ginantra dan Made Saka Wijaya, S.Si, MSc serta mahasiswa PSMIL dilibatkan dalam penelitian ini yang mengambil lokasi di 5 site di Bali yaitu Nusa Lembongan, Suwung, Pejarakan, TNBB dan Perancak.  Penelitian akan berlangsung hingga bulan Agustus 2022.

Saat ini, dari hasil eksplorasi di Nusa Lembongan telah ditemukan beberapa jenis wood borer (penggerek kayu), dan juga ditemukan satu jenis mangrove yang selama ini belum pernah dilaporkan berada di Nusa Lembongan guna menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News