pascasarjana unud
Kadis Perhubungan Provinsi Bali Berhasil Menamatkan Profesi Insinyur Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Profesi Insinyur Pascasarjana Universitas Udayana gelar ujian daring pada Selasa (12/7/2022), melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atas nama Dr. Ir. I Gde Wayan Samsi Gunarta, M.Appl.Sc. yang berprofesi sebagai Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Provinsi Bali.

Kadis Perhubungan Provinsi Bali ini tercatat sebagai mahasiswa PPI Pascasarjana Unud pada periode genap 2021/2022, dan berhasil menyusun proposal RPL selama kurang dari satu semester serta memaparkannya dihadapan dewan penguji.

“Rekognisi Pembelajaran Lampau atau yang sering disebut dengan RPL ini merupakan salah satu program pada PPI Pascasarjana Unud, RPL adalah proses pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang dicapai sebelumnya baik melalui pendidikan formal, non-formal, informal atau pelatihan-pelatihan terkait dengan pekerjaannya maupun dilakukan secara otodidak melalui pengalaman hidupnya. Mengingat RPL akan berbeda untuk satu bidang keilmuan dan atau keahlian dengan yang lain, maka RPL bersifat khas.  Secara khusus, RPL di sektor pendidikan tinggi merupakan pengakuan atau penyetaraan pengalaman dengan kemampuan dan atau keahlian yang dimiliki mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya,”jelas Koordinator PPI Pascasarjana Unud, Dr. Ir. Ida Bagus Putu Adnyana, ST., MT., IPU. ASEAN Eng.

Disamping program RPL, PPI Pascasarjana Unud juga telah membuka pendaftaran calon mahasiswa melalui program reguler, sejak PPI Pascasarjana Unud dibuka hingga saat ini tercatat jumlah mahasiswa yang telah diterima pada PPI Pascasarjana Unud sebanyak 484 orang mahasiswa, dan telah dilantik sebagai profesi insinyur sebanyak 368 orang insinyur, sehingga mahasiswa yang masih aktif pada program RPL sebanyak 104 orang, dan pada program reguler sebanyak 12 orang mahasiswa. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini