fkh unud
Persiapan Pembangunan RSHP Internasional RSHP FKH UNUD Melaksanakan Kunjungan Studi Banding Ke RSH Jakarta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai tempat pendidikan calon dokter hewan, Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana, berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme calon dokter hewan. RSHP bertekad untuk memberikan dampak positif bagi hewan peliharaan, manusia, lingkungan ujar Direktur Rumah Sakit Hewan Pendidikan Udayana, Prof. Dr. Drh. I Ketut Puja, M.Kes disela sela kunjungan studi banding di Rumah Sakit Hewan Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Kegiatan studi banding ke RSH Jakarta pengelola RSHP Udayana didampingi oleh Bapak Dr. Drh I Wayan Sudira, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama serta Dr. drh. Luh Gde Sri Surya Heryani, M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan untuk melihat dan praktek baik pengelolaan Rumah Sakit Hewan yang dijuluki sebagai Rumah sakit Hewan Rujukan di Indonesia.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr drh. I Wayan Sudira, M.Si menyampaikan bahwa Rumah Sakit Hewan Pendidikan Udayana telah didedikasikan untuk meningkatkan professional calon dokter hewan dan dengan sumber daya pendidikan yang dimiliki dipastikan mampu membantu calon dokter hewan mengatasi hambatan yang sering dihadapi ketika mengejar karir di kedokteran hewan.

“Rumah Sakit Hewan Pendidikan Udayana memberikan pelayanan praktik umum hingga perawatan darurat dan khusus ke lebih dari 6.000 ekor hewan peliharaan setiap tahun,”terangnya.

Baca Juga :  Lima Pebalap Astra Honda Siap Dominasi Kejurnas Superport 600 di Mandalika

Lebih -lebih lagi di tahun 2023 kami akan membangun Rumah Sakit Hewan berstandar Internasional yang memungkinkan perluasan pelayanan prima saat ini dan di masa depan. Dengan studi banding ini akan didapat pengetahuan praktik baik berkaitan dengan manajemen rumah sakit. Sehingga nantinya kiprah RSHP Udayana dapat memberikan perawatan medis terbaik kepada hewan peliharaan.

Sementara Direktur Utama Rumah Sakit Hewan Jakarta, Chrisanti Hutasoit, MM menyampaikan bahwa RSH yang dengan motto ‘Melayani dengan Kasih’ merupakan rumah sakit hewan terbesar dan adalah Rumah Sakit Hewan Swasta Pertama di Indonesia. Rumah Sakit Hewan ini juga mengedepankan program dibidang Kesehatan Lingkungan Masyarakat dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Baca Juga :  Booth UMK Binaan PLN Tawarkan Berbagai Produk Khas Daerah di INACRAFT 2024

Lebih lanjut disampaikan bahwa RSH Jakarta didukung dengan Tim Dokter Hewan, Paramedis serta Staf Administrasi yang berpengalaman, Rumah Sakit Hewan Jakarta mempunyai Visi dan Misi, Menjadi Rumah Sakit Hewan yaitu:Terbaik dalam Pengobatan, Terlengkap dalam Fasilitas, dan Terendah dalam Tingkat Kematian.

“Bahwa yang penting kedepannya adalah mempersiapkan regulasi dan payung hukum penyelenggaraan pelayanan agar tidak ada persoalan hukum dikemudian hari,” paparnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan melihat sarana prasarana yang ada pada Rumah Sakit Hewan Jakarta. Sarana-prasarana yang terdapat para RSH Jakarta sangat lengkap mulai dari UGD, Rawat Inap Infeksius dan Non Ifeksius, Ruang Operasi, Ruang Periksa, Pemeriksaan Laboratorium hingga Pusara Hewan.

Baca Juga :  Aplikasi Media Tiga Dimensi Organ Pencernaan Muncul dari Kolaborasi Mahasiswa dan SMP Sapta Andika Denpasar

Sumber daya manusia yang menundukung kinerja RSH Jakarta juga sudah mumpuni yang terdiri dari 3 orang Komisaris, 2 orang Direktur, 11 Staf Administrasi dan keuangan, 17 orang Dokter Hewan, 23 Paramedis Hewan serta staff pendukung lainnya. Di sela-sela perjalanan melihat sarana prasarana RSH Jakarta, Ibu Christianti menyampaikan bahwa dalam pengelolaan RSH Jakarta pihak manajemen bukan merupakan Dokter Hewan sehingga pengelolaannya bisa secara profesional.

Di akhir kunjungan, Direktur RSHP Udayana menyampaikan terimakasih atas penerimaan kunjungan ini dan berharap dengan adanya studi banding ini dapat memberikan tambahan informasi, pengalaman dan praktik baik pengelolaan sebuah rumah sakit serta nantinya dapat pula meningkatkan pelayanan kesehatan hewan di Bali. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News