MPLS
Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Badung, I Nyoman Sujendra membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tingkat Kabupaten Badung Tahun 2022-2023, di SMP Negeri 2 Kuta, Senin (11/7/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung, I Nyoman Sujendra membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tingkat Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2022-2023. Pelaksanaan MPLS ini dipusatkan di SMP Negeri 2 Kuta, Senin (11/7/2022). Pada kesempatan itu turut hadir Kepala Disdikpora Kab. Badung, I Gusti Made Dwipayana, Sekcam Kuta, I Made Agus Suantara, Lurah Seminyak, I Putu Gede Adhi Karmita, Kepala sekolah SMP Negeri 2 Kuta, I Made Sujana, anggota Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP, anggota Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD dan seluruh siswa yang mengikuti MPLS.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Badung menyampaikan bahwa melalui pelaksanaan MPLS bagi siswa baru ini yang dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Badung merupakan momentum penting bahwa kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan Nasional.

Baca Juga :  Fox Hotel Jimbaran Beach Bali Gelar Aksi Sosial 'The Dedication of Modern Kartini' di SD Negeri 6 Muncan

“Penyelenggaraan MPLS ini merupakan ajang adaptasi dan memperkenalkan sistem baru bagi siswa sehingga siswa baru nantinya tidak merasa asing dengan lingkungannya dan perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan, yang pada akhirnya berdampak positif dan sangat signifikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Badung. Dengan motto Edukatif, Kreatif dan Menyenangkan Sebagai Nafas Pelaksanaan Pengenalan Sekolah Bagi Siswa Baru di Badung, saya harapkan dapat menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik baru,” ungkapnya.

Sementara itu Kadisdikpora selaku Ketua Panitia MPLS di Kabupaten Badung dalam laporan yang dibacakan Kabid Pendidikan SD dan Plt. Kabid Pendidikan SMP Disdikpora Kabupaten Badung, Rai Twistyanti Raharja melaporkan, tujuan dari Pengenalan Lingkungaan Sekolah Bagi Siswa Baru ini diantaranya untuk mengenal potensi diri siswa baru, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

Baca Juga :  Karya Ngenteg Linggih di Pura Sang Hyang Landu Gelagah Puwun Desa Kekeran

“Selain itu juga untuk mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan perilaku positif seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong,” ucapnya.

Tema MPLS di Kabupaten Badung ini adalah ‘Melalui Pengenalan Lingkungan Sekolah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’. Kegiatan ini dilarang bersifat Perpeloncoan atau tindak kekerasan lainnya, dilaksanakan mulai dari tanggal 11-13 Juli 2022. Adapun peserta MPLS bagi siswa baru di Kab. Badung Tahun Ajaran 2022/2023, SMPN sebanyak 6.059 orang, SMP Swasta sebanyak 1.062 dan jumlah siswa SD sebanyak 4.678 orang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News