fkp unud
Gaungkan Kajian COREMAP-CTI, Pusat Riset Oseanografi BRIN Adakan Diseminasi Buku Monograf di FKP Unud. sumber foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana menerima kunjungan Pusat Riset Oseanografi dalam rangka menyebarluaskan hasil kajian program COREMAP CTI terkait pengelolaan ekosistem laut dan pesisir di Indonesia pada Selasa (28/6/2022).

Pada sambutannya, Dr. Dati Pertami, SP, M.Si., selaku Koordinator Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) yang mewakili Dekan FKP Unud menyatakan bahwa penyebarluasan hasil kajian COREMAP-CTI ini sangat penting informasinya bagi pemangku kepentingan terkait.

‘Kami senang sekali dipilih menjadi salah satu lokasi dilaksanakannya acara diseminasi buku monograf ini, FKP Udayana sangat terbuka untuk kolaborasi selanjutnya dengan Pusat Riset Oseanografi BRIN, termasuk saah satunya untuk menunjang IKU 6 yaitu praktisi mengajar di dalam kampus,”tambahnya.

Koordinator pelaksana program COREMAP Legay Study (CLS), Dr. A’an Johan Wahyudi menyampaikan bahwa program COREMAP-CTI yang sudah berjalan hamper setengah abad (24 tahun) diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pengelolaan ekosistem pesisir dan laut di Indonesia.

Baca Juga :  Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Kembali Sapa Siswa di Kecamatan Densel dan Dentim, Juga Bagikan Alat Mewarnai Serangkaian Hardiknas

Acara diseminasi diawali dengan pemaparan oleh Dr. Nurul Dhewani Mirah Sjafrie terkait dengan kontribusi riset COREMAP yang dimulai dari skala masyarakat hingga ke skala nasional. Semua hasil riset tersebut sudah dirangkum ke dalam beberapa buku yang dapat diunduh, dibaca, dan digunakan sebagai salah satu acuan referensi ilmiah dalam mengambil kebijakan pengelolaan ekosistem laut dan pesisir secara menyeluruh.

Salah satu yang disampaikan juga adalah peran tim COREMAP-CTI dalam merumuskan perdagangan hiu di Indonesia, kelestarian Banggai Cardinal Fish, dan kontribusi mangrove dan lamun dalam penyerapan serta pengurangan emisi karbon di Inodnesia.

Baca Juga :  Dari Gebyar Literasi Kecamatan Denpasar Timur, Antari Jaya Negara : Manfaatkan Literasi Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pada sesi diskusi, tanya jawab berlangsung sangat cair, baik dari dosen dan mahasiswa dengan tim COREMAP-CTI yang menandakan bahwa informasi yang diberikan sangatlah menarik dan bermanfaat. Acara diakhiri dengan foto bersama dan diharapkan kolaborasi antara Universitas Udayana, terkhusus Fakultas Kelautan dan Perikanan dengan Pusat Riset Oseanografi BRIN dapat berjalan berkelanjutan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News