FTP UGM
FTP UGM Gelar Konferensi Internasional ICOSEAT. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan konferensi internasional yang diberi judul International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT) pada tanggal 21-23 Juli 2022 di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Seminar merupakan kerja sama antara DTPB dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka, Universitas Bangka Belitung, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Bangka, dan Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. Kegiatan ini diikuti lebih dari 250 peserta yang mengikuti acara secara luring dan daring yang berasal dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Austria, Taiwan, Jepang, Belanda, Portugis, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Hadiri Rakornas Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang HBKN

Konferensi ini mengambil tema Agroindustry 4.0, Tourism and Supportive Government for Sustainable Development. Tema umum tersebut dibagi yang menjadi lima sub tema yaitu Agroindustry and Appropriate Technology 4.0, Environmental and Mining Engineering, Sustainable Development and Tourism Management, Agriculture and Food Engineering, and Marine, Aquaculture and Biological Science.

Acara ICOSEAT secara resmi dibuka oleh Bupati Bangka, Mulkan, SH., MH. dan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc. ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya Bupati Bangka menyatakan bahwa ICOSEAT merupakan ajang pertukaran ide dan pengetahuan antar partisipan serta meningkatkan kerja sama antar peserta. Di samping itu, ICOSEAT juga turut mendukung promosi bagi pariwisata di Kabupaten Bangka.

Ketua Panita ICOSEAT Dr. Chandra Setyawan dari FTP UGM menyatakan bahwa tujuan penyelenggaraan ICOSEAT adalah untuk mempromosikan sektor pariwisata, pertanian, dan ekonomi kreatif yang dikemas dalam bentuk konferensi internasional.

Baca Juga :  Avila Bahar dan Alvin Bahar Berhasil Raih Kemenangan Pada Seri Pembuka Kejuaraan Nasional Balap Mobil ISSOM Musim 2024

Sementara itu Dekan Fakultas Teknologi Pertanian menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama penyelenggaraan ICOSEAT antara FTP UGM dengan Pemda Bangka dan beberapa perguruan tinggi di Bangka.

Seminar menghadirkan sejumlah pembicara dari berbagai universitas baik luar maupun dalam negeri dan institusi terkait. Beberapa diantaranya European Business School, Federal Agency for Water Management, Ehime University, Universitas Trilogi, Indonesia, UGM, Universitas Bangka Belitung, IPB, BAPPENAS, Gyeongsan National University, Lowa State University, Safe Water Gardens, University of Natural Resources and Life Sciences, National Pingtung University of Science and Technology, Chulalongkorn University, Seoul National University, PT Timah, dan PT Bangka Asindo Agri. Selain itu juga diikuti peserta asing  dari Korea Selatan, Austria, Portugal, Thailand dan Singapura.

Baca Juga :  Honda Mulai Rangkaian Aktivitas Honda e:Technology City Tour Keliling Jakarta dengan Mobil Elektrifikasi

Selain mengikuti konferensi, para peserta diberikan kesempatan melakukan aktivitas lapangan seperti field trip, penanaman pohon sagu dan pertunjukan tari traditional yang melibatkan peserta untuk menari bersama-sama.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News