Bupati Tamba
Bupati Tamba Buka Seminar Literasi Aparatur Desa, Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba membuka Seminar Literasi Digital bagi Aparatur Desa dan Kelurahan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), dan Para Pelaku Usaha se-Kabupaten Jembrana bertempat di Aula Gedung Ir. Soekarno pada Selasa (12/7/2022).

Situasi pandemi yang hampir 2 tahun kemarin melanda, mempengaruhi aspek kehidupan kita. Kebijakannya adalah mengurangi mobilitas, mengurangi pergerakan orang, mengurangi pergerakan barang dan jasa sehingga kita dipaksa untuk bisa ‘Survive’ (bertahan hidup) bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan aktifitas lainnya dari rumah. Momentum pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup dengan semakin meningkatnya pemanfaatan digital ekonomi.

Oleh karena itu, upaya mengakselerasi transformasi digital di bidang ekonomi dapat dijadikan salah satu strategi dalam memastikan tetap bergeraknya sektor-sektor ekonomi produktif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Guna membangkitkan ekonomi digital dan meningkatkan literasi digital bagi aparatur desa dan pelaku usaha serta turut serta menyukseskan misi Pemerintah Kabupaten Jembrana, Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana, BeritaJembrana.com bekerja sama dengan Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan serta Media Development Investment Fund (MDIF) menyelenggarakan seminar Rebranding dan Literasi Digital Bagi Perangkat Desa dan Pelaku Usaha Pasca Covid-19”, ungkap Plt. Kadis Kominfo, Made Gede Budhiarta mengawali laporan kegiatan seminar ini.

Baca Juga :  Tiga Tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat, Wabup Ipat Berbagi Kasih di RSU Negara

Made Gede Budhiarta selaku Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja menyampaikan bahwa Seminar dilakukan sehari dengan peserta yang berjumlah 200 orang yang terdiri dari perangkat desa, pelaku usaha, dan kelompok informasi masyarakat ini akan mendapatkan materi dari nara sumber yang sudah berpengalaman, yaitu pembicara: (1) I Putu Agus Swastika, M.Kom., Tenaga Ahli Bupati bidang IT dengan materi Transformasi Digital di Kabupaten Jembrana, (2) I Nengah Muliartha, Ketua AMSI Wilayah Bali dengan topik Memperkuat Brand melalui Media Online, (3) Dimas Sagita, Head of Social Media & Traffic Suara.com dengan judul Strategi Branding melalui Digital marketing dan Eko Hermawan Digital Marketing, (4) Eko Hermawan, Digital Marketing Specialist kumparan.com dengan judul Search Engine Optimization (SEO), dengan moderator Ir. Gabriel Sugrahetty, M.M., Konsultan Media, Mantan Direksi Tempo.

Sementara Bupati Jembrana memberikan gambaran bagaimana perusahaan besar bangkrut dan kalah bersaing karena kurangnya sentuhan Teknologi dan Informasi dan bagaimana perusahan baru seperti transportasi online, penjual online dapat maju dan berkembang. “Ini menandakan kita tidak boleh lagi bekerja konvensional, tidak boleh gaptek (gagap teknologi),” ungkap Bupati Tambah.

Baca Juga :  Masikian Festival Ditutup, ST. Kembang Sari Desa Banyubiru Juara I Lomba Ogoh-ogoh Jembrana

“Dengan Seminar inilah, Bapak dan Ibu hadir walaupun belum maksimal tetapi minimal tahu dan mengerti karena tantangan ke depan menonjolkan peran dari teknologi dan informasi ini. Ini sangat penting jadi diharapkan semua peserta dapat mengikuti dengan baik untuk mendapatkan hal-hal positif dari materi yang akan diberikan oleh pembicara,” tegas I Nengah Tamba.

Tamba berharap pada suruh masyarakat Jembrana untuk mengerti dan paham akan kemajuan-kemajuan dan langkah-langkah yang Pemerintah Kabupaten Jembrana sudah capai tidak boleh santai lagi karena kalau santai maka orang lain yang akan masuk, sambil mencontohkan bagaimana wisatawan asing yang bekerja di Seminyak dengan hanya mempergunakan laptop menghasilkan miliaran rupiah.

Baca Juga :  Kandidat Gold, Desa Manistutu Jembrana Binaan PLN Masuk Tahap Penilaian

“Kemungkinan ke depan di kantor-kantor juga begitu, bekerja dari mana saja, yang penting dapat menyelesaikan apa yang menjadi tujuan pekerjaan, kita jadi tidak perlu kantor,” jelas Bupati Tamba.

Untuk Sekdes diharapkan dapat mengikuti dengan serius Seminar ini, karena saat ini Jembrana sudah menjalankan kegiatan Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD) dan diharapkan dapat memahami dan mengetahui pemahaman digitalisasi pada materi ini sehingga dapat membantu masyarakat di wilayah masing-masing, pinta Bupati serius.

Mengakhiri sambutannya, I Nengah Tamba juga memberikan informasi terkait groundbreaking Sirkuit All In One di Pengambengan yang sudah dilaksanakan pada 8 Juli 2022 dan groundbreaking Sentra Tenun yang dilaksanakan besok 13 Juli 2022, yang kemudian diakhiri dengan membuka acara Seminar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News