Jegeg Bagus Tabanan
Bupati Sanjaya: Grand Final Jegeg Bagus Tabanan Momen Lahirkan Duta Pariwisata yang Kreatif dan Inovatif. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Salah satu ajang bergengsi yang digelar generasi muda di Kabupaten Tabanan, yakni Jegeg Bagus Tabanan diyakini mampu mencetak generasi yang nantinya bisa membawa nama baik Kabupaten Tabanan tidak hanya di dalam daerah bahkan sampai ke luar daerah.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya., S.E., M.M., saat membuka Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2022, di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Minggu (31/7/2022) malam.

Menurut Bupati Sanjaya, generasi muda yang terpilih dalam ajang Grand Final Jegeg Bagus Tabanan, yang nantinya bertugas menjadi duta pariwisata Kabupaten Tabanan, selain bertugas mempromosikan pariwisata dan budaya Kabupaten Tabanan, diharapkan juga mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Tabanan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, SH., MM., Wakil Bupati Tabanan beserta Ketua GOW Kabupaten Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Tjokorda Anglurah Tabanan dan Penglingsir Puri Kediri, Sekda Kabupaten Tabanan beserta Ketua DWP Kabupaten Tabanan, Jajaran Forkopimda, Para Asisten Sekda, Para Kepala OPD terkait, Camat Tabanan, serta ketua WHDI Tabanan selaku dewan juri.

Baca Juga :  Dukung Kreativitas Seniman Tabanan, Ketua Dekranasda Tabanan Hadiri Wimbakara Design dan Peragaan Busana

Berdiri sejak Pebruari 2006, Pesemetonan Jegeg dan Bagus Tabanan, di bawah naungan Dinas Pariwisata telah menjadi pelopor dalam mempromosikan pariwisata dan budaya yang ada di Tabanan secara khusus serta di Provinsi Bali secara umum. Setiap tahun, regenerasi duta-duta baru akan dipilih bedasarkan bakat, kompetensi dan kemampuan dalam mengemban tugas-tugas penting tersebut selama 1 tahun berikutnya.

Mengambil tema, Bangkit Bersama Mewujudkan Harmoni Semesta Sebagai Penanda Spirit Taksu Bali Melalui Seorang Duta, pemilihan Jegeg dan Bagus Tabanan ini telah melalui beberapa tahapan. Dimulai sejak pendaftaran di bulan Januari 2022, hingga melalui 2 tahapan seleksi berikutnya, masa pra-karantina yang berlangsung secara berkesinambungan, hingga penetapan malam penganugerahan dan fashion show yang telah digelar pada 22 Juli lalu. 10 pasang peserta finalis, terdiri dari 10 peserta Jegeg dan 10 Peserta Bagus akan dipilih 1 pasang untuk berkiprah mewakili Tabanan di tingkat Provinsi Bali yang akan direncanakan pada bulan Oktober mendatang.

Dengan tujuan yang sangat mulia ini, Bupati Sanjaya memberikan apresiasi tinggi kepada para generasi muda terpilih, sebagai ikon dan promotor pariwisata Tabanan untuk kemudian mampu mengemban tugas-tugas dan tantangan perkembangan jaman ke depan tidak hanya mensosialisasikan pariwisata namun juga di bidang Agama, Adat dan Seni Budaya. Termasuk memahami makna sebenarnya dari Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), sehingga mampu melakukan aksi pembangunan dalam mewujudkan Visi dan Misi tersebut bersama-sama.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten, saya memberikan Apresiasi kepada adik-adik Jegeg Bagus di Tabanan, sampai hari ini telah menuju Grand Final, sudah barang tentu menjalankan salah satu Visi dan Misi kita, adik-adik yang telah memiliki suatu keamanan, keunggulan, prestasi dan madani. Inilah yang menyebabkan kita berbangga selaku Pemerintah bahwa adik-adik membuktikan sudah memiliki kemampuan yang luar biasa,” ujar Bupati Sanjaya.

Lebih lanjut, pihaknya juga berharap, Duta terpilih dapat membantu membangkitkan semua sendi kehidupan yang sempat terganggu karena Covid-19, baik dari sektor pertanian, ekonomi maupun kesehatan.

“Harapan saya, jadikan hal ini sebagai tolak ukur kita menjalankan pembangunan di Kabupaten Tabanan,” sambungnya.

Baca Juga :  Buka Lomba Barong, Bupati Tabanan Harapkan Generasi Muda Sebagai Agen Pelestari Budaya

Sanjaya juga menyampaikan ungkapan terima kasihnya, kepada para orang tua yang telah dengan tekun mendidik dan mendorong putra-putrinya untuk tampil sebagai Jegeg dan Bagus Tabanan.

“Adik-adik yang menjadi Juara jadikan ini sebagai sebuah tantangan ke depan dan yang tidak mendapat juara, tidak menjadi masalah, yang penting intinya banggalah sebagai masyarakat Tabanan, banggalah sebagai pesemetonan Jegeg Bagus Tabanan,” ungkap orang nomor satu di Tabanan tersebut.

Pemilihan Grand Final Jegeg dan Bagus Tabanan 2022 resmi dibuka oleh Bupati Tabanan dan ditandai dengan Bupati menghunus Keris bersamaan dengan membunyikan kulkul oleh para jajaran Pemerintah.

I Putu Tomas Sujiwa, selaku Ketua Panitia, sampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Bupati Tabanan dan seluruh pihak terkait yang selalu men-support penuh kegiatan generasi Muda Tabanan hingga malam Grand Final ini, sebagai usaha menciptakan Generasi yang cerdas, berkarakter dan berbudaya dalam mewujudkan Visi dan Misi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani.

“Kami berharap semoga para finalis nantinya akan dapat menjalankan tugas dan kewajiban tentunya selalu ikut serta dalam menumbuhkan pariwisata di Tabanan,” ungkapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini