Wawali Arya Wibawa
Wawali Arya Wibawa Buka ST. BMS Kite Festival. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sekeha Teruna Bina Manggala Santhi (ST BMS), Banjar Mertagangga, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara menggelar lomba layang-layang bertajuk ST BMS Kite Festival 1. Lomba layang-layang ini di buka Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa di tandai dengan menaikan layang-layang maskot ST BMS, Minggu (26/6/2022).

Wakil Wali Kota, Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, layang-layang telah menjadi permainan tradisi bagi masyarakat. Terlebih layang-layang memiliki filosofi konsep Rare Angon yang terus berkembang serta menjadi event di ajang daerah, nasional hingga internasional. Kreativitas dalam layang-layang saat ini semakin maju, sehingga perlu terus didukung. Apalagi ini merupakan pemulihan budaya pasca pandemi selama dua tahun ini, yang mana ini lomba layang-layang secara offline pasca pandemi yang melanda. Kreativitas layang-layang harus terus didukung dalam pelestarian permainan tradisi dengan kreativitas yang terus berkembang.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Pastikan Dokumen Penting Tersertifikasi Secara Elektronik

“Tradisi layang-layang dari segi ekonomi kreatif tidak saja menjaga tradisi, namun mampu memberikan manfaat ekonomi kedepan dalam bidang kreativitas,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Lomba, Putu Yogi Sucipta Putra mengatakan lomba layang-layang ini diikuti oleh 317 peserta. Pelaksanaan lomba digelar di Subak Pakel, Desa Ubung Kaja.

Ada beberapa kategori dalam lomba ini mulai dari layangan plastik, kategori remaja, dewasa, dan celepuk. Sementara jenis layang-layang yang dilombakan yakni bebean, pecukan, janggan buntut, janggan, dan celepuk. Sementara Untuk peserta lomba ini berasal dari seluruh Bali.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini