Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri dan melaksanakan persembahyangan serangkaian Karya Dewa Yadnya di Pura Dalem Waraspati Banjar Dajan Peken Penarungan Kecamatan Mengwi, Jumat (24/6/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri sekaligus melaksanakan persembahyangan serangkaian Karya Dewa Yadnya Wraspati Kalpa Mamungkah, Padudusan Alit Lan Ngenteg Linggih di Pura Dalem Waraspati Banjar Dajan Peken Penarungan Kecamatan Mengwi, bertepatan dengan rahina Pujawali Bhatara Sri Sukra Umanis Sasih Sadha, Jumat (24/6/2022). Turut hadir Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Badung, I Wayan Suyasa, Anggota DPRD Badung, Made Yudana, Camat Mengwi, Nyoman Suhartana beserta unsur trifika, Perbekel Penarungan, Ni Wayan Kerni, Bendesa Adat Penarungan, Kelian Dinas se-Desa Penarungan serta Pengempon Pura setempat. Sebagai wujud bhakti Pemkab Badung, Bupati Giri Prasta menyerahkan punia sebesar Rp225.000.000 dan secara pribadi Rp25.000.000

Baca Juga :  Badung Gelar Gerakan Badung Membaca

Dalam Sembrama wacananya Bupati Giri Prasta mengatakan rasa bangga kepada krama pengempon pura karena sudah melaksanakan pujawali dengan semangat gotong-royong dan bersatu, semoga Ida Bhatara Sesuhunan yang berstana di Pura Dalem Waraspati ini senantiasa memberikan anugerahnya keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan bagi kita semua. Pemkab Badung berkomitmen melaksanakan pembangunan yang terpola dan menyeluruh.

“Untuk segala pembangunan di desa, baik itu pembangunan Pura, Wantilan, Bale Banjar, Bupati siap membantu termasuk biaya upacara dan upakara. Kami berkomitmen membantu meringankan beban masyarakat Badung yang kebanyakan waktunya habis di adat dan banyak dananya untuk meyadnya. Seperti pepatah mengatakan kalau kita bersatu maka setengah perjuangan akan berhasil begitu pula sebaliknya jika kita tidak bersatu maka setengah perjuangan akan gagal untuk itu, saya Bupati Giri Prasta mengajak krama dalam melaksanakan kegiatan apapun harus bersatu seraya berharap dudonan karya dapat berjalan lancar paripurna side sidaning don,”ungkapnya.

Sementara Prawartaka Karya Made Indrawan menyampaikan rasa terima kasih kepada murdaning Jagat Badung atas kehadiran dan bantuan yang diberikan dalam pelaksanaan karya wraspati kalpa mamungkah padudusan alit lan ngenteg linggih di Pura Dalem Waraspati ini. Pihaknya juga menyampaikan terimakasih karena dari tahun 2018 Bupati telah memberikan bantuan dana dari mulai pembangunan pura dan juga bantuan dana untuk karya ngenteg linggih hari ini.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Ajak Para Guru Menguasai dan Menggunakan TIK

“Pura Dalem Waraspati ini disungsung atau diempon 70 KK, dan puncak karya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2022. Terkait sumber dana bersumber dari punia para pemaksan dan dari luar pemaksan serta penggalian dana diantaranya melalui kupon berhadiah yang akan diundi pada tanggal 10 Juli 2022 yang akan datang, dan dilaksanakan juga kontes motor yang dilaksanakan dua bulan yang lalu astungkara semua sudah berjalan sesuai harapan sehingga dapat sedikit menambah dana untuk biaya karya ngenteg linggih ini,”ujarnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini