fib unud
UKM KIM Aristoteles FIB Unud Gelar Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya 2022. sumber foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Ilmiah Mahasiswa (KIM) Aristoteles menyelenggarakan acara Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)  Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana yang mengangkat tema ‘Mengembangkan dan Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa FIB Melalui Pelatihan Penyusunan PKM untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045’.

Kegiatan ini diselenggarakan secara luar jaringan (luring) di Auditorium Widya Sabha Mandala, Gedung Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana pada Selasa (21/6/2022) dimulai pada pukul 09.00 WITA. Acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang PKM serta meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM.

Kegiatan Pelatihan PKM Fakultas Ilmu Budaya tahun ini mendatangkan dua orang pembicara yang kompeten, yaitu Ibu apt. Ni Putu Linda Laksmiani, S.Farm., M.Sc. sebagai Pembicara I yang merupakan salah satu reviewer PKM internal Universitas Udayana dari USCC serta Putu Ayu Elvira Damayanti sebagai Pembicara II  yang merupakan mahasiswa Universitas Udayana yang lolos tahap pendanaan PKM oleh Dikti. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya, Kepala Subbagian Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Budaya, beserta tamu undangan lainnya. Peserta pada kegiatan pelatihan ini adalah 100 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya angkatan 2020 dan 2021.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia Pelatihan PKM Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dan Ketua UKM KIM Aristoteles. Dalam sambutannya, Ketua UKM KIM Aristoteles mengungkapkan harapannya untuk PKM FIB.

Baca Juga :  Jelang Hari Raya Galungan Patroli Tempat Ibadah Diintensifkan

“Harapannya semoga kuantitas pengajuan proposal PKM yang berkualitas di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dapat meningkat dan dapat lolos ke tahap pendanaan maupun PIMNAS,” ungkapnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Dr. Dra. Ni Ketut Ratna Erawati, M.Hum., sekaligus membuka acara Pelatihan PKM Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Dalam sambutannya, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya harap semoga nantinya PKM dari Fakultas Ilmu Budaya dapat lolos setidaknya tahap Universitas,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai PKM oleh Pembicara I, yaitu Ibu Linda Laksmiani. Beliau menyampaikan materi mengenai pengenalan PKM serta jenis-jenis PKM. Adapun Pembicara II, Ayu Elvira Damayanti, mengadakan sharing session mengenai tips dan trik seputar PKM, mulai dari cara mencari ide PKM hingga realisasinya.

Baca Juga :  Disparda Bersama BPPD Badung Bidik Pasar Jerman melalui ITB Berlin

Pemaparan materi yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut berjalan dengan lancar dan memantik pertanyaan dari para peserta pelatihan. Selama sesi diskusi, para peserta secara silih berganti menyampaikan pertanyaan.

Setelah sesi diskusi berakhir, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada kedua pembicara oleh Ketua Panitia Pelatihan PKM FIB dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Sebelum kegiatan resmi diakhiri, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana turut memberikan pemaparan materi mengenai MBKM kepada peserta pelatihan, terutama mahasiswa semester 4.

Baca Juga :  Road to Maybank Bali Marathon 2019

“Kejarlah cita-cita kalian melalui kompetensi,” pesan Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya kepada peserta pelatihan. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini