Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih akreditasi perguruan tinggi dengan predikat unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) per 14 Juni 2022. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 259/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma, MBA, menyampaikan predikat akreditasi unggul yang diraih menunjukkan bahwa UGM telah berhasil menjadi perguruan tinggi dengan standar yang jauh melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) baik dari sisi kuantitatif maupun kualitatif dalam semua proses Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saat ini dari sekitar 4.500 perguruan tinggi di Indonesia, berdasarkan data di web BAN-PT baru 27 perguruan tinggi yang mendapatkan peringkat Unggul untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

Baca Juga :  Solahen, Solusi Listrik Daerah Terpencil Karya Mahasiswa Unpad

“Bersyukur UGM sudah beralih ke peringkat akreditasi unggul dan siap untuk melanjutkan pencapaian prestasi kinerja akademik dan non akademik yang lebih baik kedepannya,” tuturnya, Jumat (17/6/2022).

Indra menjelaskan predikat akreditasi unggul diraih UGM melalui proses Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang disusun dan disiapkan oleh tim taskforce ISK UGM mulai akhir tahun 2021 lalu. Terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi yakni dosen, sistem penjaminan mutu dan publikasi ilmiah.

Perolehan akreditasi perguruan tinggi unggul ini diharapkan Indra bisa segera diikuti oleh seluruh program studi yang ada di UGM. Saat ini 244 program studi telah terakreditasi A/Unggul dari BAN PT dan LAMPT-Kes.

“Harapannya nantinya semua program studi di UGM dapat melakukan konversi akreditasi dan melanjutkan akreditasi di level internasional,” ucap Indra.

Baca Juga :  SMA PGRI 2 Denpasar Raih Prestasi Gemilang di Porsenijar

Selain meraih predikat unggul BAN PT, UGM juga menjadi salah satu dari dua universitas di Indonesia yang memperoleh sertifikasi internasional university level dari AUN-QA dengan masa berlaku sertifikat 2018-2023. Disamping itu, sepanjang 2017-2021 UGM sukses mewujudkan peningkatan jumlah program studi yang memperoleh akreditasi internasional dari sejumlah lembaga akreditasi kredibel. Sampai sekarang terdapat 44 program studi telah terakreditasi internasional dan 20 program studi yang tersertifikasi internasional dari AUN-QA.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini