ftp unud
Terapkan Teknologi Nanoemulsi, Dosen FTP Unud Ciptakan Produk Kosmetik Berbasis Bahan Baku Lokal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dosen Fakultas Teknologi Pertanian yaitu Dr. Ir. I Dewa Gde Mayun Permana, M.S., dari Program Studi Teknologi Pangan berkolaborasi dengan Dr. Ir. Lutfi Suhendra, M.P., dari program Studi Teknologi Industri Pertanian Bersama beberapa mahasiswa yaitu I Wayan Ryantama Swastika Braja dan Farchriansyah menciptakan produk kosmetik berbasis bahan baku local dengan memanfaatkan Teknologi Nanoemulsi.

Melalui penelitian produk Inovasi diciptakan produk-produk kosmetik seperti Face Mist, Hand Sanitizer dan Make Up Cleaner. Uniknya produk-produk kosmetik yang diciptakan tersebut menggunakan bahan dasar dari produk local seperti ekstrak wortel, ekstrak kunyit, virgin coconut oil (VCO) dan berbagai minyak atsiri dari bunga dan daun lokal seperti minyak atsiri kenanga, cempaka, daun salam dan lainnya.

Baca Juga :  Aplikasi Media Tiga Dimensi Organ Pencernaan Muncul dari Kolaborasi Mahasiswa dan SMP Sapta Andika Denpasar

Dr. Ir. Lutfi Suhendra, M.P., juga mengatakan dalam proses pembuatan produk-produk tersebut diaplikasikan teknologi nanoemulsi maupun mikroemulsi.

“Produk kosmetik yang dihasilkan memiliki kelebihan yaitu Food Grade, mampu menembus lapisan epidermis kulit, memiliki kenampakan yang jernih dan transparan, tidak menyebabkan iritasi kulit dan tidak beracun (tidak toksis),” paparnya.

Beliau juga mengatakan melalui hasil penelitian dan inovasi produk yang dihasilkan ini diharapkan dapat menghasilkan produk kosmetik yang aman dan food grade sehingga kedepannya produk ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bijak dalam memilih produk kosmetik agar dapat memilih produk kosmetik yang berbasis bahan local, tidak beracun dan aman untuk digunakan sehingga tidak menimbulkan efek samping pada konsumen.(unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News