Jaya Negara dan Agus Arya Wibawa
Hari Suci Kuningan, Wali Kota Jaya Negara dan Wawali Agus Arya Wibawa Hadiri Piodalan di Pura Sakenan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Rahina Suci Kuningan yang jatuh setiap Saniscara Kliwon Wuku Kuningan ini merupakan hari besar bagi umat Hindu yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Tepat pada Hari Suci Kuningan ini juga dilaksanakan piodalan di Pura Kahyangan Jagat Sakenan, Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan, Sabtu (18/6/2022).

Sejak pagi tampak silih berganti para pemedek sudah mendatangi area Pura Sakenan serangkaian Karya Bhakti Pujawali di Pura Sakenan. Digelarnya piodalan ini tentu menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat. Selain itu terkait program Pemkot Denpasar tentang pengurangan penggunaan kantong plastik pun diterapkan selama piodalan berlangsung dengan menghimbau para pemedek agar membawa pembungkus Canang yang ramah lingkungan.

Baca Juga :  Peringatan Hari Otoda Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dan Nilai Tinggi EPPD

Turut hadir dalam kesempatan tersebut ngaturang bhakti Gubernur Bali, I Wayan Koster, Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradhana yang didampingi Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, serta OPD Pemkot Denpasar terkait lainnya.

Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara usai persembahyangan mengatakan pelaksanaan Bhakti Piodalan ini merupakan wujud sradha bhakti umat kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa untuk menciptakan kerahayuan jagat.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Beberkan Persiapan Pemprov Bali Sambut Event Internasional WWF ke-10

“Diharapkan kepada masyarakat khususnya Kota Denpasar agar tetap menjaga Protokol Kesehatan selama pelaksanaan persembahyangan dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19 namun dengan tidak mengurangi makna dalam prosesi upacara,” ujar Jaya Negara.

Ketua Panitia Karya, I.B Gede Pidada mengatakan pelaksanaan Pujawali di Pura Sakenan Kota Denpasar ini rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali yang bertepatan dengan Hari Suci Kuningan. Namun karena kali ini masih dalam situasi pandemi maka kami wajibkan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yakni pemedek wajib menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun. Meski  menerapkan Prokes, piodalan tetap dilaksanakan dengan tidak mengurangi makna yang terkandung dalam upacara seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Tinjau Pengerjaan Perataan Lahan Stockpile Mertasari 

“Secara tatwa pelaksanaan upakara tetap sama, hanya saja tata pelaksanaannya dengan menerapkan Protokol Kesehatan mengingat saat ini masih di masa penanganan pandemi Covid-19 sehingga dapat menekan terjadinya penularan virus Covid-19,” kata I.B Gede Pidada.

Setelah di Pura Dalem Sakenan Wali Kota Jaya Negara didampingi Ny. Antari Jaya Negara juga melaksanakan persembahyangan di Pura Susunan Wadon, Kelurahan Serangan Denpasar Selatan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News