tari kecak unud
Program Asing Unud Ajarkan Mahasiswa Asing Tari Kecak. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tari kecak merupakan ritual shangyang atau tradisi menolak bala yang diselipkan kisah Ramayana di dalamnya, menceritakan tentang pencarian Permaisuri Shinta, Raja Rama dibantu oleh Hanoman. Tari ini merupakan tarian yang sangat terkenal di Bali, biasanya dipentaskan di Uluwatu untuk dipertontonkan kepada turis asing maupun domestik.

Salah satu program asing di Universitas Udayana, Sport Science and Physiotherapy pada salah satu mata kuliah yang diampu oleh Koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) Dr.Eng. Ir. Ni Nyoman Pujianiki, ST., MT., M.Eng., IPM dan Dosen Fakultas Pariwisata Dr. I Gusti Ngurah Widyatmaja,S.ST., M.Par mengajarkan Tari Kecak kepada 13 orang mahasiswa asing, sesi pelatihan tari ini dibagi menjadi 3 sesi.

Baca Juga :  Denpasar Jadi Calon Percontohan Kota Antikorupsi KPK RI, Wujud Apresiasi dan Kepercayaan Atas Komitmen Pencegahan Korupsi

Pelatihan tari kecak ini dipandu langsung oleh Ngurah Widyatmaja pada sesi Balinese Culture pada Selasa (14/6/2022), pada sesi pertama ini Bapak Ngurah mengajarkan mahasiswa asing gerakan dan teknik dasar tari kecak.

Dengan mengenakan kamben adat Bali dan Udeng, para mahasiswa asing ini sangat antusias karena mereka diajarkan sebuah tarian yang sangat populer di Bali dan sangat berharap bisa mementaskan suatu saat nanti di negara asal mereka. Pada akhir sesi, salah satu mahasiswa mengatakan bahwa ia dan teman-temanya tidak sabar menunggu sesi berikutnya.

Baca Juga :  Dharmopadesa Pusat Nusantara Kota Denpasar Gelar Dharma Santhi Nyepi Isaka Warsa 1946

“Mereka sangat senang diberi pelatihan tari kecak ini,” ucap Ngurah Widyatmaja. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News