ft unud
Pelatihan Toyota Production System Teknik Industri Universitas Udayana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pada pertengahan Bulan Juni, Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Udayana melaksanakan pelatihan simulasi Toyota Production System (TPS) yang berlokasi di Advanced Research Laboratory (ARL) Fakultas Teknik Universitas Udayana, Kampus Bukit, Jimbaran pada Kamis (23/6/2022).

Simulasi ini dilakukan guna memberikan pemahaman yang lebih luas kepada mahasiswa Teknik Industri Universitas Udayana mengenai sistem produksi terutama di bidang manufaktur.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dibimbing dan diarahkan langsung oleh pihak dari Divisi Operation Management Development PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) serta didampingi oleh Bapak dan Ibu dosen Teknik Industri Universitas Udayana.

Simulasi Toyota Production System membahas mengenai sistem produksi dalam bentuk lini perakitan yang sederhana  dengan menerapkan 2 pilar rumah TPS, yaitu Just in Time (JIT) & Jidouka (Automatisasi).

Baca Juga :  Waitres dan Pengunjung di Empat Cafe Lakukan Tes Urine

Terdapat enam step proses produksi pada TPS yang telah disimulasikan, yaitu dari sistem produksi tradisional hingga continuous flow dengan melakukan perbaikan secara terus menerus pada standarisasi kerja dan pengurangan “Muda” atau pemborosan hingga simulasi mendapatkan hasil dan sistem produksi yang terbaik.

Simulasi dimulai dengan menyiapkan kondisi laboratorium yang disusun atas warehouse, workstation dan distribusi ke customer secara sederhana selayaknya keadaan di pabrik nyata.

Pada simulasi hari pertama yang dimulai tanggal 21 Juni 2022, diawali dengan pembukaan yang terdiri dari perkenalan dari beberapa pihak PT. TMMIN yang turut hadir dimana merupakan Divisi CSR Toyota dan sambutan dari Koordinator Program Studi Teknik Industri Universitas Udayana yaitu Dr. Anak Agung Istri Agung Sri Komaladewi, S.T., M.T.

“Program Toyota Berbagi ini merupakan hal yang berarti bagi Teknik Industri Universitas Udayana dalam rangka untuk memperoleh akreditasi karena Program Studi Teknik Industri membutuhkan lab dasar seperti lab TP,” terang Anak Agung Istri Agung Sri Komaladewi. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini