fk unud
FK Unud Jalin Kerjasama Dengan Faculty of Medicine Cairo University. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Seiring dengan kemajuan teknologi, teknik operasi pembedahan saat ini sudah tidak menjadi momok menakutkan bagi pasien.

Teknik pembedahan dengan invasif minimal merupakan metode pembedahan yang dilakukan dengan sayatan minimal. Memadukan alat bantu kamera, monitor dan instrument khusus melakukan pembedahan dengan melalui layar monitor. Prosedur invasive minimal pada bidang kebidanan dan kandungan terbagi menjadi dua kategori yaitu Laparoskopi dan Histeroskopi.

Berlatarbelakang kondisi tersebut, Program Studi Spesialis Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyelenggarakan kerja sama kuliah tamu dengan Cairo University bertempat di Ruang Saraswati, Gedung Kesehatan Reproduksi RSUP Sanglah (4/6/2022).

Serangkaian dengan acara kuliah tamu, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dalam kesempatan ini juga menanda tangani perjanjian kerja sama dengan Prof. Dr. Osama Ahmed Shawki Yacout sebagai Visiting Profesor di Departemen/KSM Obstetri dan Ginekologi FK Unud.

Baca Juga :  Arya Wibawa: Masa Pandemi Covid-19, Kreativitas Harus Tetap Berjalan

Kuliah tamu kali ini mendatangkan narasumber yang sangat mumpuni dan memiliki pengalaman di bidang teknik operasi minimal invasive khususnya tindakan operasi yaitu Prof. Dr. Osama Ahmed Shawki Yacout, dimana beliau juga merupakan guru besar di bidang Ginekologi di Faculty of Medicine Cairo University.

Acara ini turut dihadiri oleh Dekan FK Unud, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., Dirut RSUP Sanglah, dr I Wayan Sudana,M.Kes., Ketua Fertility Endocrinology Reproduction (HIFERI), Dr. dr. Hendy Hendarto, Sp.OG (K)., dan Koordinator Program Studi Spesialis Obstetri Dan Ginekologi, Dr. dr. I Nyoman Gede Budiana, Sp.OG(K).

Baca Juga :  Beri Pelayanan Extra, Disdukcapil Denpasar Laksanakan Jemput Bola dan Tambah 8 Tempat Perekaman

“Kegiatan yang diikuti oleh seluruh staf dan peserta didik (residen) di Program Studi Spesialis Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini bertujuan agar lulusan spesialis obgyn FK Unud mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknik operasi terkini agar bisa bersaing di dalam maupun luar negeri,” pungkas Januartha Putra Pinatih

Selain Prof. Osama, pada kesempatan yang baik ini, turut serta mengundang dr. Eddy Hartono, Sp.OG (K) yang merupakan Staf Divisi Obsos FK Universitas Hasanudin Makassar sebagai narasumber kedua. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini