Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung
Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung menggelar Bimtek Lesson Study se-Kabupaten Badung tahun 2022 di ruang pertemuan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kerobokan Kuta Utara Badung, Senin (20/6/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Lesson Study se-Kabupaten Badung tahun 2022 di ruang pertemuan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kerobokan Kuta Utara Badung, Senin (20/6/2022). Bimtek dibuka secara langsung oleh Sekretaris Disdikpora Badung, I Wayan Wirawan serta dihadiri Narasumber I Putu Warsini, Guru Penggerak, Guru TK Negeri, Fasilitator Guru Penggerak TK, Pengawas TK se-Kabupaten Badung.

Ketua Panitia, Cok Ari Astiti melaporkan, dasar penyelenggaraan Kegiatan Bimtek Lesson Study di Kabupaten Badung Tahun 2022 mengacu pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kemendikbud Ristek No 56/M/2022 tentang Kurikulum Merdeka. Dimana maksud dan tujuan dari penyelenggaraan Bimtek Lesson Study agar Kepala Sekolah dan guru-guru TK dapat melaksanakan proses pembelajaran yang efektif untuk peningkatan mutu pendidikan pada jenjang PAUD.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Serahkan Hibah Rp 350 Juta, Dukung Upacara Pitra Yadnya Br. Pasekan, Buduk

Indikator keberhasilan Bimtek Lesson Study diukur dengan kehadiran peserta minimal 85% dan peserta dapat menginternalisasikan materi-materi bimtek yang dituangkan dalam RPP sesuai Kurikulum Merdeka, yang nantinya dijadikan pedoman peserta dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

“Hasil yang diharapkan setelah dilaksanakan bimtek ini diharapkan peserta dapat memahami dengan baik tentang peran dan tanggung jawabnya sebagai pendidik yang diwujudkan dengan kemampuan untuk melaksanakan proses pembelajaran efektif kepada anak didik. Para peserta Bimtek Lesson Study Kabupaten Badung tahun 2022 diikuti oleh Guru Penggerak, Guru TK Negeri, Fasilitator Guru Penggerak TK, Pengawas TK se-Kabupaten Badung serta UPT Disdikpora Kecamatan se-Kabupaten Badung dengan waktu pelaksanaan selama 3 hari mulai tanggal 20-22 Juni 2022,”jelasnya.

Kadis Disdikpora Badung, I Gusti Made Dwipayana dalam sambutannya yang di bacakan oleh Sekretaris Disdikpora Badung, I Wayan Wirawan mengatakan, Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Badung tentu sangat mengapresiasi dan merasa bangga dengan dapat diselenggarakannya Bimbingan Teknis Lesson Study ini.

“Kami berharap setelah dilaksanakan bimtek ini peserta dapat memahami dengan baik tentang peran dan tanggung jawabnya sebagai pendidik yang diwujudkan dengan kemampuan untuk melaksanakan proses pembelajaran efektif kepada anak didik. Untuk para peserta Bimtek kami ucapkan selamat mengikuti Bimbingan Teknis Lesson Study ini dengan baik dan bijak,”ujarnya.

Baca Juga :  Serangkaian Memperingati Hari Kartini, Seniasih Giri Prasta Serahkan Bantuan Sembako di Abiansemal

Lebih lanjut dikatakan, Bimtek diberikan kepada Kepala Sekolah dan Guru TK, pada intinya memberikan bimbingan dan pelatihan dan pendampingan yang semua nanti akan di berikan baik yang di TK Negeri dan TK Swasta. Ini dimaksudkan agar terjadi kolaborasi di antara para guru baik yang senior maupun dan baru, demikian juga dengan yang mempunyai kemampuan yang lebih dan dengan guru yang kurang, disamping juga kompetensi yang berbeda.

“Kami harapkan mereka bisa saling memberi, mengisi didalam menyusun dan merencanakan serta merancang bagaimana proses pembelajaran dilakukan dengan efektif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Ini senantiasa akan kami lakukan setiap tahun sehingga mereka semakin melek maju dan optimal dalam melakukan tugas yang nantinya anak kita menjadi sdm yang unggul yang dapat bersaing dengan mereka diluar sana, dengan tetap tanamkan nilai-nilai Agama, Pancasila dan Moral yang juga religius serta cinta NKRI dari usia dini agar SDM di Kabupaten Badung menjadi insan-insan yang hebat dan kuat untuk menuju Badung yang sejahtera yang dapat bersaing di segala Bidang di tahun-tahun yang akan datang,”pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini