Bupati Giri Prasta
Bupati Giri Prasta saat membuka MTQ XXIX yang dilaksanakan di Yayasan Insan Mulia Bali dengan memukul bedug, Sabtu (4/6/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Badung tahun 2022, kembali digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Badung. MTQ XXIX yang dilaksanakan di Yayasan Insan Mulia Bali, Sabtu (4/6/2022) tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta dengan memukul bedug.

MTQ XXIX yang mengambil tema ‘Kita Tingkatkan Silaturahmi Antar sesama Muslim dan Kita Ciptakan Masyarakat yang Agamis Menuju Masyarakat yang Harmonis dan Bermartabat’ dilaksanakan beberapa perlombaan seperti Tartil Qur’an dan Tahfidz 5, Tilawah Qur’an, Fahmil Qur’an (Cerdas Cermat), Syahril Qu’ran, Maqalah Ilmiah Al Qur’an, Khattil Qur’an Naskah, Hiasan Mushaf, khattil Qur’an Dekorasi dan Kontemporer, Hifdzil Qur’an dan Tilawah, Hifdzil Quran serta Festival Seni Budaya.

Turut hadir  Kepala Kantor Kemenag Badung, I Komang Giriasa, Camat Kuta Selatan, I Ketut Gede Arta, Ketua Yayasan Insan Mulia Bali, Rukami Ardiyanti, Ketua Panitia, H. Syahuri, Perwakilan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Bali dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta mengatakan bahwa di Kabupaten Badung mendapatkan 76 orang untuk kuota naik haji. Sekalipun dilanda pandemi Covid-19, pihaknya Kabupaten Badung tetap menganggarkan biaya Rp446 juta lebih untuk Naik Haji.

Baca Juga :  Kembali Jajaran Polsek Kuta Utara Membekuk Pelaku Pencurian Sebuah Kamera

“Kabupaten Bandung sudah siap dengan sosialisasi berkenaan dengan manasik Haji, inilah kesiapan kita Kabupaten Badung Mengikuti alur daripada Naik Haji yang kita lakukan serta Kabupaten Badung berkomitmen gratis untuk jemaat yang akan Naik Haji beserta pendampingnya. Persoalan Covid-19 kemarin itu tidak akan pernah menyurutkan saya dalam proses berjuang ini tidak akan pernah menyurutkan itu, karena saya tahu di dalam memimpin Badung ini selalu ada jemaat yang mendampingi pada saat saya berjuang memberikan kesejahteraan,” jelasnya.

Pihaknya juga mengatakan penyelenggaran MTQ sangat penting dalam membentuk sebuah karakter bangsa.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta dan Wabup Suiasa Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah

“MTQ ini kami yakini adalah bagian dari salah satu penyiaran al-qur’an di kalangan masyarakat. Kami juga berharap dengan penyelenggaraan kegiatan ini, peserta tidak hanya bisa membaca dan menulis qur’an, tapi juga dapat memahami serta menerapkan makna yang terkandung al-qur’an itu sendiri. Nanti setelah Kabupaten ada tingkat Provinsi lalu ada tingkat nasional, dan tahun depan kita Kabupaten Badung siap untuk menjadi tuan rumah untuk MTQ tingkat nasional.

“Saya mohon sekali lagi hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia ini perlu sekali dikuatkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Songsong New Normal, Babinsa dan Pecalang Jimbaran Disiplinkan Warga 

Sementara Ketua Panitia, H. Syahuri mengatakan terima kasih Bapak Bupati Badung, karena kecintaan kepada semua sehingga beliau hadir di tempat ini. Untuk peserta pada tahun ini dilaporkan banyak sekali antusias dari peserta sehingga jumlah pada tahun ini memang paling banyak dan paling padat dari tahun sebelum-sebelumnya.

“Untuk MTQ XXIX kami menganggarkan RAB sebesar Rp120 juta. Kami doakan Pak Bupati ini selalu sehat walafiat dalam menjalankan tugas serta amanah sehingga selalu ada di hati kami. Semoga apa yang dicita-citakan selalu tercapai oleh Bapak Bupati, kami selalu bangga dan senang ketika Pak Bupati menghadiri acara MTQ ini,” harapnya.

Diakhir kegiatan, Bupati Badung Giri Prasta memberikan bantuan sebesar Rp30 juta yang bersumber dari dana pribadi.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini