ASTRA
Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah (tengah depan) dan Chief of Corporate Human Capital Development Astra Aloysius Budi Santoso (kanan depan) melakukan penanaman pohon di Bukit Holbung, Samosir, Sumatra Utara, Senin (30/5/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni mendatang, Astra mengadakan penanaman pohon dan pemasangan solar panel dalam acara Festival Lingkungan Astra 2022 bertema ‘Climate Action, Through Community Development’ yang diadakan di Samosir, Sumatra Utara, Senin (30/5/2022) kemarin sore.

Acara ini membuka rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Astra Wilayah Sumatra dengan mengusung tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Juni 2022 mendatang melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Samosir, Drs. Martua Sitanggang, M.M., Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, dan Chief of Corporate Human Capital Development Astra, Aloysius Budi Santoso.

“Pada peringatan ulang tahun yang ke-65 ini, Astra akan memasang 65 solar panel di 65 Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA) yang tersebar di seluruh Indonesia serta menanam secara bertahap 65.000 pohon di Kabupaten Samosir dengan sistem agroforestri pada tahun ini. Semoga hasil penanaman pohon yang didapat nantinya bisa memberikan dampak positif dari segi sosial, ekonomi dan lingkungan,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Baca Juga :  SATU Indonesia Awards 2022 Ke-13 Ambil Tema Bangun Negeri dengan Teknologi 

Apresiasi dan harapan serupa juga disampaikan oleh Wakil Bupati Samosir, Drs. Martua Sitanggang, M.M. “Kami berterima kasih kepada PT Astra International Tbk telah memilih Kabupaten Samosir sebagai lokasi program penanaman pohon dan pemasangan solar panel dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbon yang ada di atmosfer dan mencegah terjadinya perubahan iklim. Kami berharap program CSR ini dapat berkelanjutan dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat serta dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam pengembangan desa-desa wisata, pemberdayaan lingkungan, dan masyarakat,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara yang telah memasuki tahun keenam ini.

Program penanaman pohon akan dilakukan di lahan seluas 125 hektar di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara dengan target 139.700 pohon selama dua tahun ke depan dengan sistem agroforestri untuk membantu mengoptimalkan hasil penggunaan lahan secara berkelanjutan. Masyarakat DSA Hariara Pohan diharapkan dapat menikmati panen perkebunan dari tanaman produktif yang ditanam, sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian desa.

Baca Juga :  Terima Signage dari Grup Astra, Banjar Tegeh Sari Resmi Menjadi Banjar Berseri Astra

Selain itu, Astra juga melakukan pemasangan solar panel yang dilakukan di lokasi yang belum memiliki jaringan listrik, yaitu di kantor lapangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) DSA Hariara Pohan.

Pada kesempatan kali ini, Astra juga mengapresiasi tokoh penggerak atau local champion desa yang secara konsisten mengupayakan peningkatan taraf hidup masyarakat dan berinovasi dalam berbagai kesempatan dengan menyerahkan donasi senilai Rp400 juta untuk mengembangkan DSA Wilayah Samosir (Desa Hutatinggi, Desa Hariara Pohan, dan Desa Cintadame) menjadi desa wisata berkelanjutan.

Berbagai kegiatan tersebut merupakan contoh aksi nyata Astra untuk menjadi perusahaan yang lebih sustainable dan tangguh pada masa depan.

Langkah Baik Untuk Keberlanjutan

Meningkatnya permintaan akan energi dan sumber daya alam seiring dengan terus bertambahnya jumlah populasi manusia di bumi ini mendorong berbagai pihak untuk melakukan berbagai langkah konkrit dalam menangani salah satu isu keberlanjutan tersebut.

Begitu pula dengan Astra yang senantiasa berupaya untuk melestarikan lingkungan serta telah berkomitmen untuk melakukan transisi keberlanjutan melalui Astra 2030 Sustainability Aspirations yang baru saja diluncurkan belum lama ini. Hingga saat ini, Astra telah melakukan penanaman pohon di berbagai wilayah Indonesia yang mencapai lebih dari 5,1 juta pohon, di antaranya merupakan 23.523 pohon buah langka. Selain itu, telah dibangun 33 titik Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa) yang bertujuan untuk mencegah kepunahan jenis buah langka.

Baca Juga :  Pasang Sensor Early Warning System, PLN Pastikan Listrik G20 Makin Andal

Astra juga melakukan berbagai implementasi program penghematan energi dan penggunaan sumber energi baru terbarukan. Salah satunya dengan meningkatkan pemanfaatan energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti pemanfaatan energi matahari dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

 Berdasarkan data dari Laporan Keberlanjutan Astra tahun 2021, Astra telah menurunkan intensitas emisi gas rumah kaca sebesar 22,54% serta intensitas konsumsi energi sebesar 24,2% dibandingkan tahun 2020. Inisiatif penanaman pohon dan pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan ini merupakan bentuk kontribusi Astra dalam mengurangi pemanasan global.

Berbagai kontribusi Astra untuk memberikan dampak berkelanjutan dalam bidang lingkungan sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini