FTP Unud
Dosen FTP Unud Menjadi Juri pada Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Lomba Teknologi Tepat Guna tingkat Provinsi Bali dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali. Kegiatan lomba ini diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali yang nantinya akan dipilih 1  Pemenang dari Kategori Inovasi dan 1 Pemenang dari Kategori Unggulan yang nantinya akan mewakili Bali di Ajang Nasional.

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian yaitu Cokorda Anom Bayu Sadyasmara, S.TP., M.Sc dan Luh Putu Trisna Darmayanti, S.Hut., M.P., berkesempatan menjadi Dewan Juri dalam lomba Teknologi Tepat Guna bersama dengan Juri dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian yaitu Wayan Sunanjaya dan Made Sugianyar.

Baca Juga :  PDI Perjuangan Menangi Lima Pilkada di Bali, Koster Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat Bali

Penilaian akan dilaksanakan ke seluruh bali oleh Keempat Dewan Juri yang di dampingi oleh Pembina, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten dan Pemerintah Daerah Setempat. Lomba teknologi tepat guna terdiri dari 2 kategori yaitu Kategori Inovasi dan Kategori Unggulan.

Daerah yang mengirimkan perwakilan Teknologi Tepat Guna kategori Inovasi adalah Kabupaten Bangli yaitu Alat Angkut Serbaguna oleh I Wayan Suama, Kabupaten Karangasem yaitu Pemintal benang, Penenun kain Bebali dan Pewarna Kain dengan inovasi menggunakan bahan alami oleh I Wayan Karya, Kabupaten Buleleng yaitu Petani Muda Keren oleh Gede Suardita, Kabupaten Gianyar yaitu Olahan Porang oleh I Wayan Pasek Adi Putra, Kabupaten Tabanan yaitu Magic Combaster dengan Teknologi Nano Bio Silikon Carbon oleh Anak Agung Nyoman Wijana dan Kabupaten Gianyar yaitu Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan oleh Ida Bagus Putu Pradana Murti.

Baca Juga :  Pembekalan Literasi oleh PWI Bali Kepada Para Peserta UKW Angkatan IX

Sedangkan untuk Lomba Teknologi Tepat Guna Kategori Unggulan beberapa daerah yang mengirimkan perwakilannya adalah Kabupaten Jembrana yaitu Kopi Hots oleh Armanu, Kabupaten Gianyar yaitu Olahan Buah Kelapa oleh I Wayan Ruja, Kabupaten Badung yaitu Pemanfaatan Komposter Nol Rupiah oleh I Komang Suryawan dan Alat Penyiang Gulma Elektrik Multifungsi oleh IGN. Artana serta Kabupaten Buleleng yaitu Rumah Plastik oleh Putu Eka Dharmawan.

“Selaku perwakilan Dewan Juri berharap perlombaan ini dapat menghasilkan Teknologi Tepat Guna yang dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan daerah masing-masing dan diharapkan nantinya pemenang dari masing-masing kategori yang akan mewakili Provinsi Bali di kancah Nasional dapat memberikan performa terbaik dan mengharumkan nama Provinsi Bali,” ucap Anom Bayu. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini