Bangli
Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar membuka kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan yang diikuti oleh para Kepala Bagian dan Sekretaris di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli.

Dalam pembukaan tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bangli dan Kabid. Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kantor Regional X BKN. Sosialisasi ini dilaksanakan di Ruang Krisna Kantor Bupati Bangli, Kamis (21/4/2022).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bangli, Made Mahindra Putra, S.STP., MM., dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi peraturan perundang-undangan ini dengan tema Sistem Kerja Pasca Penyederhanaan Birokrasi.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan ASN terhadap peraturan perundang-undangan kepegawaian. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 21 sampai dengan 22 April 2022 yang diikuti oleh Kepala Bagian dan Sekretaris masing masing OPD,” ungkap Mahindra.

Baca Juga :  Dharma Santhi Kabupaten Bangli Serangkaian Perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1946

Mahindra menambahkan, sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari kantor Regional X BKN Denpasar. “Besar harapan kami melalui sosialisasi ini, wawasan ASN terhadap isu-isu yang berkaitan dengan manajemen kepegawaian dapat terjawab,” ucap Mahindra.

Sementara Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar dalam sambutannya mengatakan di Kabupaten Bangli beberapa hari yang lalu telah melakukan destrukturisasi kelembagaan, tentu banyak hal-hal kendala yang kita hadapi pasca restrukturisasi kelembagaan ini, terkait dengan tugas fungsi para ASN.

“Pada kenyataannya banyak berkaitan dengan beberapa persoalan, mudah-mudahan nanti di sosialisasi sistem kerja penyederhanaan birokrasi ini akan terjawab semua persoalan,” tutup Wayan Diar.

Wakil Bupati Wayan Diar juga mengatakan kepada seluruh peserta, nanti bisa menyampaikan ke narasumber, terkait dengan persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Bangli karena banyak persoalan pada jabatan fungsional misalnya yang belum mendapatkan pemecahannya, baru pada jabatan fungsional umum  saja yang terpecahkan.

Baca Juga :  Sedana Arta Pimpin Rombongan Penganyar Pemkab Bangli ke Pura Ulun Danu Batur

“Bagi temen-temen yang kena penyetaraan kemarin, misalnya disiplin ilmunya teknik, harus dicarikan wadah yang tepat pada posisi fungsionalnya, sehingga fungsionalnya memang betul-betul bermanfaat terkait dengan disiplin ilmunya. Persoalan seperti itu adalah salah satu contoh yang harus dibedah dalam sosialisasi kerja ini. Hal yang terpenting dalam rangka menuju percepatan-percepatan yang harus dilakukan oleh pegawai kita semua,” jelas Wayan Diar.

Wakil Bupati menambahkan bagi sekretaris, atau kepala bagian adalah memegang fungsi yang utama, terutama sekretaris untuk internalnya di masing-masing OPD, karena ini rumahnya administrasi yang ada di OPD masing-masing. Sehingga disitu juga perlu inovasi, peningkatan, kapasitas diri dalam mengelola sebuah organisasi. Sebagai contoh Kabag misalnya, memang harus selalu meningkatkan diri karena pengelolaan secara teknis ada di para pimpinan OPD, termasuk pada posisi Kabag. Kalau ini lemah ya tentu apalah artinya pimpinan ini. Jadi dengan sosialisasi ini mari kita bersama tingkatkan diri, tingkatkan kapasitas.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra : Perhutanan Sosial Konsep yang Bagus, Menjaga Kelestarian Hutan Sekaligus Sejahterakan Masyarakat

“Bapak bupati sudah melakukan berbagai lompatan pembangunan dan sudah sering mengatakan ayo kita jengah, ayo kita tingkatkan inovasi dan keluar dari kebiasaan yang hanya rutin saja, jangan berjalan saja tetapi ayo kita melakukan lompatan, karena ini pesan dari bapak bupati Bangli yang setiap keseharian terus disampaikan sebagai motivasi,” ajak Wayan Diar.

Kepada BKDPSDM, Wayan Diar berharap kegiatan seperti ini agar diagendakan, seperti forum-forum diskusi para kabag, atau para sekretaris agar diketahui setiap kendala, atau persoalan yang ada di masing-masing OPD.

“Jadi nanti ditemukan persamaan atas apa yang harus dikerjakan dalam rangka percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli,” imbuhnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News