Rias Pengantin
PAKIS Bali Gelar Pelatihan Ragam Busana Pengantin Bali Pertama di Kabupaten Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pasikian Paiketan Krama Istri (PAKIS) MDA Provinsi Bali menggelar Pelatihan Ragam Busana Pengantin Bali bertempat di Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana, Jumat (22/4/2022).

Pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta MUA Jembrana ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan pelatihan mengenai ragam busana pengantin Bali khas Jembrana yang dapat digunakan sebagai referensi dalam payas pengantin Bali. Tidak tanggung-tanggung pemateri pelatihan merupakan pendiri LKP Salon Agung, AA Ayu Ketut Agung.

Manggala PAKIS Provinsi Bali, TIA Kusuma Wardani dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam 10 tahun terakhir telah terjadi penyimpangan terhadap pakem seni payas pengantin Bali. Prosesi upacara Bali memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda mulai dari tingkatan utama, madya hingga nista dan tentunya pakem payas pengantinnya pun menyesuaikan dengan tingkat prosesi upacara. Namun yang terjadi di lapangan berbeda, payas pengantin justru mengikuti kehendak pemilik hajatan.

“Saat ini sulit untuk merekontruksi ulang pakem payas pengantin khas Bali karena mayoritas dokumentasi terkait pakem payas pengantin berada di luar negeri khususnya Belanda sehingga memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk mengumpulkan fakta-fakta otentik mengenai pakem payas yang sesungguhnya. Selain itu setiap daerah memiliki ragam serta pakem payas-nya sendiri, berbeda untuk setiap kabupaten,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab dan Kajari Jembrana Teken MoU Bidang Perdata

Jika berbicara mengenai ragam busana pengantin Bali, tentunya itu berbeda dengan pakem busana pengantin khas Bali. Ragam busana lebih pada pilihan yang dapat dipakai dalam prosesi pernikahan adat Bali. Namun TIA Kusuma Wardani yang juga mantan Kadis Dikpora Provinsi Bali ini mengatakan bahwa PAKIS MDA Provinsi Bali kedepannya tidak menutup kemungkinan juga akan mengadakan sosialisasi serta pelatihan pakem payas khas Bali.

Dengan dibangunnya Pusat Kebudayaan Bali oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, PAKIS MDA Bali berharap nantinya pakem serta ragam Busana Adat Bali dapat menjadi salah satu kekayaan budaya yang dapat mengisi Pusat Kebudayaan Bali tersebut serta dapat menjadi media literasi bagi masyarakat Bali sendiri.

Baca Juga :  Jembrana Gelar Tawur Kesanga di Catus Pata Simpang Sudirman 

Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali, I GAK Kartika Jaya Seputra yang hadir dalam acara tersebut turut mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. “Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh PAKIS Bali khususnya dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, salah satunya adalah program pelatihan ragam busana pengantin Bali ini sebagai bentuk dukungan PAKIS untuk mewujudkan program prioritas Provinsi Bali di Bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini turut pula dilakukan penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat tidak mampu di Kabupaten Jembrana yang diserahkan langsung oleh Manggala PAKIS Provinsi Bali, TIA Kusuma Wardani di dampingi oleh Kepala Dinas PMA Provinsi Bali.

Turut hadir dalam kegiatan ini Manggala PAKIS Jembrana, Bendesa Madya Kabupaten Jembrana, Bendesa Alitan Kabupaten Jembrana serta Jegeg-Bagus Jembrana sebagai model dalam pelatihan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News