FT Unud
Kerjasama Internasional FT Unud dengan PT Awina Sinergi International Terkait Solar Panel dan Konsep Teknologi Berkelanjutan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dewasa ini Bali tengah berada dalam suatu era globalisasi. Pengertian era globalisasi merupakan segala sesuatunya menggunakan kecanggihan atau teknologi yang tinggi agar tidak ketinggalan zaman.

Sehingga  pekerjaan manusia di lakukan bukan oleh tangan manusia itu sendiri artinya manusia dalam mengerjakan sesuatu melalui bantuan mesin, atau alat-alat lebih canggih. Sehingga menuntut kita untuk memiliki pendidikan tinggi dan daya saing yang mempuni dalam rangka meningkatkan daya saing pada setiap kesempatan. Perguruan Tinggi dan Industri dapat saling berinteraksi dalam bertukar informasi maupun kerja sama dalam berbagai bidang, salah satunya dibidang energi terbarukan.

Baca Juga :  Gelar Kuliah Umum, STP Mataram Gandeng Akademisi Unud Bahas Pariwisata Berkelanjutan

Dalam upaya menghadapi persaingan global yang semakin kompleks, Fakultas Teknik (FT) Universitas Udayana dituntut untuk mampu bergerak aktif dan inovatif guna meningkatkan daya saing lulusan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan penjajagan kerjasama internasional dengan PT Awina Sinergi International. PT Awina Sinergi International merupakan perusahaan yang menyediakan solusi pengelolaan limbah dan energi terbarukan.

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di bidang energi terbarukan dan pengelolaan limbah, serta menjadi bagian dari pemecahan masalah global terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

PT Awina Sinergi International melaksanakan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Udayana pada Senin (4/4/2022) di Gedung Dekanat FT Unud Kampus Jimbaran. Dalam kunjungannya ke FT Unud, PT Awina Sinergi International diwakili oleh Nakamura Hirohide yang merupakan President Commissioner.

Nakamura Hirohide memaparkan perusahannya yang fokus pada pengembangan Integrated Sustainable Energy mengatakan akan segera membangun fasilitas mesin gasifikasi sampah 20 ton per hari di Bali yang diintegrasikan dengan solar panel sehingga diperoleh konsep teknologi berkelanjutan.

Baca Juga :  Audensi Program Dharma CPHI FK Unud ke Wali Kota Denpasar

Pada kunjungan kali ini diterima langsung oleh Dekan FT Unud, Ir. I Ketut Sudarsana, S.T., Ph.D., yang didampingi oleh Wakil Dekan, I Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, S.T., M.A.Sc., Ph.D., menyampaikan ketertarikan untuk melaksanakan hilirisasi penelitian yang terkait dengan teknologi Renewable Energy. Dimana ada banyak penelitian di FT Unud yang sangat erat kaitannya dengan misi PT Awina yaitu Integrated Sustainable Energy. Kolaborasi bisa dilakukan lewat platfon Kedaireka, program magang (MBKM) maupun projek konsultasi.(unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini