Prodi Sastra Indonesia
Kuliah Praktisi, Prodi Sastra Indonesia Gandeng Pengajar BIPA dari Undiksha. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia mengikuti perkuliahan praktisi Pengajaran BIPA. Kegiatan kuliah praktisi ini dilakukan dalam dua kali pertemuan. Pertemuan pertama berlangsung Selasa (5/4/2022), sedangkan pertemuan kedua berlangsung pada Selasa (12/4/2022). Kegiatan kuliah praktisi ini berlangsung di kampus Fakultas Ilmu Budaya.

Perkuliahan praktisi ini diikuti secara luring dan daring oleh sebanyak 41 mahasiswa (kelas A dan B) dari semester VI. Narasumber yang dihadirkan dalam kuliah praktisi Pengajaran BIPA adalah I Dewa Gede Budi Utama, S.Pd., M.Hum., dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Selain sebagai dosen tetap Undiksha, I Dewa Gede Budi Utama sedang menempuh pendidikan S-3 Linguistik di FIB Unud.

Baca Juga :  Puluhan SD Belum Miliki Kepala Sekolah Definitif, Kadisdikpora Karangasem: Maret Kita Tuntaskan

Sebagai praktisi Pengajaran BIPA, Dewa Budi mengawali kariernya sebagai pengajar BIPA sejak 2006 dan sempat sebagai koordinator program BIPA di UPT Bahasa Undiksha. Dewa Budi juga sempat mengajar bahasa Indonesia selama tiga bulan di KBRI New Dehli melalui kerja sama program Kementerian Luar Negeri dan Badan Bahasa.

Di tengah kesibukannya menyelesaikan studi S-3 di FIB Unud dengan topik pengembangan perangkat pembelajaran BIPA dalam jaringan, Dewa Budi juga sudah melaksanakan beberapa penelitian pengembangan bahan ajar BIPA.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

“Tujuan perkuliahan praktisi Pengajaran BIPA adalah memberi pemahaman yang memadai tentang pembelajaran BIPA dan melatih mahasiswa menyiapkan RPP di dalam praktik mengajar di kelas micro teaching,”ungkap Dewa Budi.

Pada akhir perkuliahan praktisi ini, para peserta sudah merampungkan tugas penyusunan RPP. Kelas micro teaching selanjutnya akan didampingi oleh pengampu mata kuliah Pengajaran BIPA: Prof. Dr. I Nyoman Suparwa dan Dr. I Made Madia.

Koprodi Sastra Indonesia, Dr. I G.A.A. Mas Triadnyani, S.S., M.Hum., mengatakan bahwa pelibatan praktisi dari luar kampus akan terus diupayakan pada semester-semester mendatang untuk meningkatkan wawasan mahasiswa. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News