RRI Denpasar
Hadirkan Praktisi dari RRI Denpasar, Prodi Sastra Indonesia Gelar Kuliah Tamu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia mengikuti perkuliahan praktisi Berbicara di Depan Umum. Perkuliahan praktisi Berbicara di Depan Umum diadakan pada Senin (11/4/2022) yang bertempat di Gedung Dr. Goris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.

Perkuliahan tersebut diikuti oleh mahasiswa Prodi Sastra Indonesia yang menempuh pendidikan di semester VI tepatnya angkatan 2019. Mahasiswa angkatan 2019 yang mengikuti perkuliahan Berbicara di Depan Umum berjumlah kurang lebih 35 orang.

Perkuliahan praktisi Berbicara di Depan Umum diajarkan oleh narasumber tamu dari RRI Denpasar. Narasumber pada kuliah tamu kali ini adalah A.A. Ary Trisnawati, S.S., M. Hum. Ary Trisnawati merupakan seorang penyiar di Pro 4 RRI Denpasar. Selain berprofesi sebagai penyiar, Ary Trisnawati juga berprofesi sebagai dosen luar biasa di UNHI dan dosen tidak tetap di Stikes Wira Medika.

Sebelum praktik dilakukan, narasumber memberikan materi terkait praktik yang akan dilaksanakan. Topik materi yang diajarkan mengenai pewara (pembawa acara). Materi tersebut mencakup pengertian pewara, persyaratan pewara, persiapan yang harus dilakukan oleh seorang pewara, dan komponen komunikasi. Setelah materi tersebut diajarkan, maka dilanjutkan dengan praktik menjadi seorang pewara/MC. Praktik tersebut dilakukan dengan mengundang mahasiswa untuk mencoba menjadi seorang MC Nonformal.

Beberapa mahasiswa mempraktikkannya dengan beraneka topik, baik topik bertemakan festival musik, perlombaan, dan ada pula yang mengangkat tema ulang tahun. Perkuliahan tersebut berlangsung dengan baik dan menarik. Perkuliahan tersebut selain diajarkan oleh narasumber yang berasal dari RRI juga didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Berbicara di Depan Umum yakni Bapak I Gst. Ngurah Mayun Susandhika, S.S., M.Hum. dan Ibu Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum.

Tujuan diajarkannya perkuliahan praktisi Berbicara di Depan Umum adalah untuk melatih mahasiswa dalam berbicara di depan umum agar nantinya dapat berbicara dengan baik di depan umum. Maka dari itu, Prodi Sastra Indonesia mendatangkan seseorang yang memiliki keahlian dan pegalaman tertentu yang diperlukan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan dosen serta mahasiswa yang sesuai dengan tujuan Tri Dhama Perguruan Tinggi. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini