Hari Bakti Pemasyarakatan,
Hari Bakti Pemasyarakatan, Jamaruli Manihuruk Gelar Tabur Bunga di Pancaka Tirta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka mempwringati Hari Bakti Pemasyarakatan, Jajaran Kanwil Kemenkumham Bali melaksanakan kegiatan Tabur Bunga bertempat di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Rabu (20/4/2022). Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tabanan diberikan amanah dan tanggung jawab untuk mempersiapkan kegiatan tabur bunga.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Constantinus Kristomo, Kepala Bapas Denpasar, Kepala Rupbasan Denpasar, Peguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Bali, serta Pejabat Pratama Kanwil Kemenkumham Bali.

Baca Juga :  Apresiasi Kegiatan Masyarakat, Bupati Tabanan Hadiri Turnamen Ceki di Desa Tunjuk

Dalam kegiatan Upacara Tabur Bunga, Kakanwil Kemenkumham Bali bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Kalapas Tabanan Budiman Kusumah sebagai perwira upacara. Dalam kegiatan upacara dilaksanakan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, dan peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara, dimana kegiatan Ziarah dan Upacara Tabur Bunga ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.5-UM.01.01-202 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Tabur Bunga dalam rangka Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58.

Jamaruli Manihuruk selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali mengatakan kegiatan ini merupakan wujud cinta dan penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah mendahului kita.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Dewa Yadnya Krama Desa Adat Cepik

“Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Pancaka Tirta ini adalah salah satu rangkaian acara HBP ke-58 dimana pada momen ini merupakan bentuk perwujudan rasa hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pahlawan Bangsa. Ini diharapkan menjadi momen refleksi diri agar kita melakukan tugas sebaik-baiknya demi instansi dan Negara,” terang Jamaruli.

Melalui Upacara Ziarah dan Tabur Bunga ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran bagi seluruh jajaran di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali untuk dapat memberikan sumbangsih dalam membangun Negara dan juga kedepannya bisa bekerja keras dan lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News