PLTS
Bupati Bangli Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan PLTS di Desa Catur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri Peletakan batu pertama (Groundbreaking) pembanguna PLTS sistem On Grid Canopy Mounting pembangunan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli yang bertempat di sumber mata air pebini Desa Catur Kecamatan Kintamani.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bangli, perwakilan Camat Kintamani, Tim Percepatan Pembangunan kabupaten Bangli, Perbekel Desa Catur, Daup dan Sukawana, dari 3 Konsursium dan masyarakat setempat, Senin (25/4/2022).

Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli, I Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta yang meiliki 4 pelayanan yang tersebar di 4 kecamatan.

“Pada operasionalnya sebagaian besar atau hampir sama menggunakan sarana perpompaan dengan beban biaya listrik hampir 700-800 juta per bulan diasumsi lebih dari 40% dari pendapatan dipergunakan untuk pembangunan listrik PLN,” ujar Dewa Gede Ratno.

Dewa Gede Ratno menambahkan, guna menekan biaya atau untuk efisiensi biaya maka pihaknya telah melakukan kerja sama dengan PT. Agra Surya Energi (ASE), PT. Nusa Sinergi Mandiri (NSM), PT. Enirgi Surya Terpadu (EST) dengan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli diawali dengan Penandatanganan MoU yang dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2022 yang lalu yang dihadiri oleh pihak konsursium.

“Hari ini dilaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan panel surya tahap pertama di sumber mata air pebini Desa Catur Kintamani. Pembangunan panel surya kerja sama antara Perumda Air Minum Tirta Danu Arta dan dengan pihak konsursium diharapkan mampu menekankan sekaligus memberikan efisiensi biaya dalam pelayanan Perumda Air Bersih Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli dan sekaligus merupakan penjabaran dari Peraturan Gubernur Nomor 45 tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih,” jelas Dewa Gede Ratno.

Baca Juga :  TP2DD Pemkab Bangli Buktikan Digitalisasi Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah 

Sementara itu, Chief Executive dari PT Nusa Sinergi Mandiri, Pujatmanto Bastriadi mengatakan, teknologi pada prinsipnya semuanya sama hanya pada model kontruksinya. Jadi kontruksinya disini dibangun sesuai dengan tempat yang ada. Kalau yang paling simple itu dengan ground mounthing, dan di desa catur ini memakai sistem canopy, canopy di sini lebih tinggi dari yang umum atau yang tersedia di pasaran.

“Dan ini kita buat satu canopy custom dari rangka besi bukan hanya aluminium seperti yang banyak dijual, jadi kita buat rangka yang terbuat dari besi yang sudah juga diuji berdasarkan kekuatan kontruksi. Jadinya dia memiliki kemampuan untuk bertahan dalam jangka waktu 30 tahun. Pembangunan PLTS di desa catur ini dibuat lebih tinggi, karena ada permintaan dari masyarakat agar dibawah itu bisa digunakan untuk parkir, keperluan adat dan kegiatan lainnya, maka dibuat satu desa ini lebih tinggi dari itu yakni 4,5 meter, 5 meter untuk bisa mengakomodir kebutuhan-kebutuhan yang akan dilakukan dibawah canopy, sehingga ini yang menjadikan desa ini menjadi lebih rumit dan belum ada yang pernah berani melakukannya karena kalau tidak dengan melakukan kajian yang betul-betul maka tidak akan ketemu hitung-hitungan komersilnya, jadi belum ada yang berani merealisasikan,” ucap Pujatmanto Bastriadi.

Baca Juga :  Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar Tambah Armada Tangki Air, Maksimalkan Distribusi di Wilayah Gangguan

Dalam kesempatan ini, Pujatmanto Bastriadi merasa bersyukur bahwa Perumda Danu Arta dan Pemda Bangli pada khususnya itu sangat terbuka sehingga pihaknya bisa menemukan satu perhitungan yang baik sehingga ini bisa direalisasikan.

“Kami konsorsium sangat bersemangat untuk membantu kabupaten Bangli didalam mengembangkan energi baru terbarukan khususnya PLTS maupun bidang-bidang yang lain atau energi-energi lainnya,” umbuh Pujatmanto Bastriadi.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, kegiatan groundbreaking pembangunan PLTS sistem On Grid Canopy Mounting untuk perusahaan air minum di Kabupaten Bangli, dimana pembangunan PLTS ini dilakukan dengan pola kerja sama dengan pihak ketiga yaitu dari 3 konsorsium yang sudah biasa menangani pola PLTS ini.

Baca Juga :  Groundbreaking Besok, Bupati Tamba Sebut PT Mitra Prodin Mampu Serap Ribuan Tenaga Kerja 

“Jadi ini salah satu bentuk daripada komitmen Pemerintah Daerah Babupaten Bangli dalam melakukan inovasi-inovasi kaitan dengan energi baru terbarukan sesuai dengan semangat daripada peraturan gubernur dan hari inilah kita lakukan untuk pertama kalinya di Kabupaten Bangli. Dan inilah untuk pertama kalinya PDAM melakukan kerja sama ini termasuk di kabupaten/kota lainnya di Provinsi Bali belum ada,” ungkap Sedana Arta.

Sedana Arta berharap mudah-mudahan melalui pola kerja sama energi baru terbarukan yang jelas secara hitungannya juga akan lebih menghemat terhadap pos biaya listrik yang dibayarkan oleh PDAM selama ini dan bisa memberikan benefit yang cukup besar untuk pengembangan PDAM ke depan.

“Melalui pola kerja sama ini akan terus dibangun di seluruh Kabupaten Bangli dan akan diperkirakan selesai projeknya sampai bulan Agustus 2022 ini,” tutup Sedana Arta.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini