Snapdragon X70 5G
Modem Snapdragon X70 5G. Sumber Foto : qualcomm.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Qualcomm telah meluncurkan modem 5G Snapdragon X70 barunya, dikutip dari laman resmi Qualcomm pada Senin (28/2/2022), modem 5G Snapdragon X70 ini kemungkinan akan menjadi modem Qualcomm terakhir yang digunakan oleh Apple di seri iPhone sebelum Apple beralih ke chip yang mereka rancang khusus.

Qualcomm mengatakan modem 5G terbaru untuk smartphone mencakup prosesor AI 5G pertama di dunia yang terintegrasi dalam Sistem Modem-RF 5G, yang diharapkan meningkatkan kecepatan unduh dan uplink rata-rata pada pita mmWave dan sub-6GHz.

Snapdragon X70 mewarisi kecepatan unduh puncak 10 Gigabit 5G yang tak tertandingi dari pendahulunya dan mengemas kemampuan baru yang canggih seperti Qualcomm 5G AI Suite, Qualcomm 5G Ultra-Low Latency Suite, dan agregasi operator 4X untuk mencapai kecepatan, jangkauan, kualitas sinyal, dan 4X carrier aggregation yang tak tertandingi. latensi yang rendah. Qualcomm 5G Ultra-Low Latency Suite di Snapdragon X70 memungkinkan OEM dan operator meminimalkan latensi untuk memberikan pengalaman pada penggunaan dan aplikasi yang menggunakan 5G yang sangat responsif.

“Sistem modem-RF generasi ke-5 ini akan memperluas kepemimpinan 5G global Snapdragon dan pengenalan pemrosesan AI 5G native yang menciptakan platform dan inovasi untuk peningkatan kinerja,” kata Durga Malladi, Wakil Presiden Senior dan Manajer Umum, 5G, Mobile Broadband dan Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc.

Baca Juga :  Mengaku Perwira TNI AD, Seorang Warga Sipil Diamankan

Snapdragon X70 adalah contoh Qualcomm mewujudkan potensi penuh 5G dan membuat dunia yang terhubung secara cerdas menjadi hal yang mungkin.

Menurutnya, Snapdragon X70 dapat mencapai kecepatan downlink hingga 10Gbps dan kecepatan unggah puncak 3,5Gbps, namun 60% lebih hemat daya, karena teknologi 5G PowerSave Gen 3-nya. Modem ini juga mencakup dukungan untuk 5G multi-SIM global dan Dual-SIM Dual Active.

Modem Snapdragon X70 diperkirakan akan diluncurkan di perangkat 5G pada akhir tahun 2022, meskipun itu tidak berarti akan digunakan di iPhone 14, atau perangkat iPhone di masa depan.

Dalam perjanjian Apple dan Qualcomm pada 2019 untuk menghentikan pertempuran hukum yang berlangsung lama antara Apple dan Qualcomm, pengajuan penyelesaian mengungkapkan bahwa Apple telah berkomitmen untuk menggunakan modem X65 dan X70 dalam produk yang diluncurkan antara 1 Juni 2022 dan 31 Mei 2024, yang tampaknya akan menggunakan modem X65 di iPhone 14‌, sedangkan modem X70 yang baru saja diumumkan akan digunakan di seri iPhone‌ Apple 2023.

Baca Juga :  Gigabyte Alami Serangan Siber, Hacker Curi Data Sensitif Perusahaan

Namun, laporan lain menyarankan Apple akan memiliki modem 5G yang dirancang khusus yang siap digunakan pada model iPhone 2023, jadi tidak sepenuhnya jelas di mana X70 dalam lini produk Iphone. Apple akhirnya dapat menggunakan chipnya sendiri di sebagian besar perangkat mereka, dan mengandalkan Qualcomm untuk chip X70 pada produk tertentu, yang dapat menjelaskan mengapa Qualcomm mengatakan mereka mengharapkan untuk memasok hanya 20% dari modem iPhone‌ Apple pada tahun 2023. Ketika perjanjian Apple dengan Qualcomm berakhir, Apple akan beralih menggunakan modem yang mereka rancang sendiri.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Hadirkan Layanan Akses Internet 5G Berkecepatan Tinggi

Rumor pada awal 2019 menunjukkan bahwa Apple berencana untuk merancang modem sendiri, dan pada pertengahan 2019, Apple membeli sebagian besar bisnis modem smartphone Intel untuk mempercepat upaya pengembangan modem mereka sendiri. Apple mengambil alih kekayaan intelektual terkait modem Intel dan mempekerjakan 2.200 karyawan Intel, dan telah menempatkan mitra manufaktur chip utamanya, TSMC, untuk mulai memproduksi sebagian besar chip modem internal baru mereka.(kmg/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini