Produk Kreatif
Dorong Lahirkan Beragam Produk Kreatif, FTP Unud dan BITHUB Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universtas Udayana, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M. App., Ph.D., melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bali Initiative Hub (BITHUB) yang diwakili oleh CEO BITHUB Ida Bagus Agung Gunarthawa, S.H., senin (21/3/2022).

Turut hadir mendamipingi kegiatan tersebut adalah Wakil Dekan I Dr. Sumiyati, S.TP., M.P., dan Koordinator Unit Pengelola Infomasi dan Kerja Sama (UPIKS) FTP Unud Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb. Penandatanganan PKS tersebut sebagai tindak lanjut dari program Banjar Creative Space (BCS) yang diselenggarakan oleh BITHUB dan didukung oleh Menteri BUMN Erick Thohir melalui program TJSL Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Pertamina.

Baca Juga :  Rektor Unud Kenalkan 6 Guru Besar yang akan Dikukuhkan

Penandatangan PKS dilaksanakan saat kegiatan Kick Off program Banjar Creative Space (BCS) di Banjar Tengah, Kelurahan Renon, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar pada Minggu, 20 Maret 2022.  Banjar Tengah Renon adalah satu-satunya yang menerima program BCS di Kota Denpasar dari 11 banjar di seluruh Bali. Kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan insan kreatif dari banjar untuk mendorong lahirnya berbagai produk kreatif dan menggerakkan ekonomi kreatif dari banjar.

Bali Initiative Hub atau yang sering disebut dengan BITHUB merupakan sebuah perkumpulan pusat inisiatif Bali yang bergerak dalam pengembangan ekosistem komoditas ekonomi dengan mengedepankan industri kreatif yang bisa bersanding secara mutualistik dengan industri pariwisata.

Baca Juga :  Kunjungan dari Professor dan Ilmuan Vietnam Academy of Science and Technology

Ida Bagus Agung Gunarthawa menyatakan bahwa BITHUB akan bergerak dari komunitas yang terdekat dengan masyarakat di Bali yaitu Banjar. Kegiatan BCS bertujuan untuk menghidupkan kreativitas pada banjar-banjar di Bali.

“Kegiatan dirancang oleh BITHUB sebagai strategi pengembangan potensi berbasis masyarakat Bali yang tentunya simpul utamanya adalah Banjar yang terdapat disetiap lingkungan di Bali,” ucapnya.

Dengan adanya penandatanganan PKS ini diharapkan terjalin kolaborasi antara FTP Unud dengan BITHUB dalam penyelenggaraan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) yang tentunya di bidang Teknologi Pertanian.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M. App., Ph.D., juga memaparkan bahwa Fakultas Teknologi Pertanian Unud tidak hanya melakukan pendampingan dalam pembuatan produk saja, akan tetapi juga dapat membantu inovasi-inovasi dalam mengolah limbah. Apalagi saat ini limbah menjadi isu utama, sehingga perlu ditekan dan dihilangkan. Menurutnya, FTP Unud sedang menggalakkan zero waste. Jadi semua diolah.

“Apapun kita olah dan kita inovasikan sehingga dapat bermanfaat, menurutnya kita yang menghasilkan limbahnya, kita yang mengolah, dan kita juga yang memanfaatkannya,” jelas Prof Anom. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini