UMKm
Dalam Upaya Peningkatan SDM, Tim Produk Pra Start Up dari FTP Unud Ikuti Pelatihan Izin Edar Produk oleh BBPOM Denpasar. Sumber Foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tim produk Pra Start Up dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) yaitu produk Bumbu Paon Bali oleh Ibu Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P. bersama tim yaitu Ni Komang Sri Budihartini dan I Gede Arie Mahendra Putra serta Inkubator Bisnis Universitas Udayana mengikuti pelatihan Izin Edar Produk oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar, Senin, (21/3/2022) di Aula Besar BBPOM Denpasar.

Pelatihan ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu Dra. Luh Putu Witariathi, Apt yang memaparkan terkait Materi Tata Cara Registrasi Pangan Olahan, Ibu Ni Putu Ekayani SL, S.Si, Apt., M.Biomed memaparkan tentang Materi Tata Cara Registrasi Obat Tradisional serta Ibu Dra. Desak Ketut Andika Andayani, Apt. yang memaparkan tentang Materi Tata Cara Registrasi Kosmetik.

Baca Juga :  Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Satwa FKH Unud kembali Meraih Penghargaan dalam SPS Award 2022

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk peningkatan SDM terutama bagi pelaku UMKM di daerah Bali.

Ni Putu Ekayani SL, S.Si, Apt., M.Biomed salah satu pembicara dalam kegiatan ini memaparkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan nanti seluruh UMKM yang ada di daerah bali bisa mendapatkan informasi terkait Izin Edar produk baik produk Pangan Olahan, Produk Kosmetik dan Produk Obat Tradisional sehingga diharapkan seluruh produk UMKM dapat memiliki Izin Edar.

“Seluruh pelaku usaha di harapkan untuk tidak menggunakan pihak ketiga dalam proses pendaftaran izin edar dan pendaftaran izin edar juga sudah sangat mudah dan seluruh informasi pendaftaran dapat dilihat dan dilakukan secara online melalui website resmi dari BBPOM Denpasar,”jelas Ekayani.

Selain itu, Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P., selaku Tim produk Pra Start Up dari FTP Unud juga mengatakan bahwa pelatihan seperti ini sangat berdampak positif baik bagi pelaku usaha ataupun bagi akademisi, karena masih banyak pelaku usaha khususnya UMKM yang belum mengetahui cara untuk mendaftarkan produknya sehingga belum memiliki izin edar, dan menurut beliau melalui kegiatan ini dapat memudahkan untuk mengetahui informasi dan tata cara registrasi izin edar untuk pangan olahan khususnya.

Baca Juga :  Terus Kembangkan Banjar Creative Space, Pertamina Konsisten Bangkitkan UMK Masyarakat Bali

“Kami berencana untuk mendaftarkan produk Bumbu Paon Bali yang merupakan produk Pra Start Up dari FTP Unud agar memiliki izin edar dan dapat menjadi produk ciri khas bali dari FTP Unud yang mampu bersaing dengan produk lainnya serta bisa diedarkan secara luas sehingga pasar dari produk tersebut tidak hanya ada di daerah Bali namun juga seluruh Indonesia,” ucapnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini