HUT Damkar
Diskarmat Badung Peringati HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Diskarmat Badung memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia ke-103 yang jatuh pada tanggal 1 Maret 2022.

Apel HUT dilaksanakan di Mako Induk Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, Jalan Kebo Iwa Denpasar, Selasa (1/3/2022) dengan tema ‘Pemadam Kebakaran dan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) Sinergi Bahu Membahu Mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh’.

Hadir Kepala Dinas Kebakaran dan Keselamatan Kabupaten Badung, I Wayan Wirya beserta jajaran pejabat Eselon III, IV dan Fungsional, Wisnu perwakilan dari Krisna Oleh-oleh serta undangan lainnya.

Seusai apel dilakukan penyerahan bantuan 100 paket sembako yang diberikan pihak Krisna Oleh-oleh kepada petugas/pasukan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung. Seperti diketahui, pemadam kebakaran didirikan pada tahun 1919 dengan slogannya ‘Pantang Pulang Sebelum Api Padam‘.

Baca Juga :  Jadi Pak Tani Bikin Ajik Krisna Bisa Pekerjakan 2.000 Karyawannya Lagi

Dalam sambutannya Kadiskarmat Kabupaten Badung I Wayan Wirya mengatakan dalam rangka memperingati  HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia  ke-103 ini, Diskarmat Kabupaten Badung menyelenggarakan beberapa kegiatan-kegiatan yang sudah kita lakukan sejak tanggal 12 Pebruari 2022, dimulai dari kegiatan Roadshow Edukasi dan Penyuluhan Pencegahan Kebakaran ke seluruh kecamatan di Kabupaten Badung yang berkolaborasi dengan PLN Bali Selatan untuk memberikan informasi terkait bahaya kebakaran, mengingat semua masyarakat di Kabupaten Badung pasti bersentuhan dengan api setiap hari baik itu api untuk memasak maupun penerangan. Terutama disaat  musim penghujan ini, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik mengingat instalasi di rumah masyarakat sudah cukup lama terjadi konsleting dan memicu terjadinya kebakaran. Selanjutnya melakukan kunjungan ke pos-pos pemadam kebakaran yang berada di wilayah Kabupaten Badung guna memastikan kesiapsiagaan anggota/petugas damkar, persembahyangan bersama di Pura Pucak Mangu, Kancing Gumi, Selonding dan Uluwatu.

“Selama 3 tahun ini kami belum bisa melakukan penyegaran karena pandemi Covid-19, maka di tahun ini kami melakukan penyegaran mandiri berupa lomba Fire Drill yang diikuti para petugas/pasukan Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung yang dilaksanakan di Mako Induk. Disamping meningkatkan keterampilan tenaga pemadam kebakaran serta menumbuhkan jiwa patriotisme anggota dalam melaksanakan tugas, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan kembali jiwa korsa anggota pasukan serta optimalisasi pelayanan penanggulangan kebakaran bagi masyarakat di Kabupaten Badung,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Launching Minyak Ajik “From Bali to Everybody”

Diskarmat akan terus bersinergi dengan Perangkat daerah lainnya dalam hal penanganan kebakaran dan akan ditingkatkan kedepannya.

“Kami dari Dinas Kebakaran dan Keselamatan Kabupaten Badung mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia yang ke-103, semoga pemadam kebakaran selalu jaya, jaya, jaya,” ucapnya.

Sementara Wisnu perwakilan dari Krisna Oleh-oleh mengucapkan terima kasih kepada Diskarmat Badung karena telah di-support dan dibantu atas penanganan kebakaran kemarin di Krisna Oleh-oleh dan bersyukur sehingga api tidak merembet ke pemukiman.

Baca Juga :  Hadapi PPKM Darurat, 'Ajik Krisna' Ajak Para Pelaku Pariwisata Bali Bersabar

“Di sini saya mewakili Krisna Oleh-oleh memberikan bantuan, mungkin dari sembako yang kita berikan nilainya tidak seberapa tapi semoga bisa membantu teman-teman di petugas/pasukan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Kita akan selalu bersinergi antara Krisna Oleh-oleh dan pihak manapun sehingga kita selalu berusaha untuk selalu bersama saling membantu. Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf bila bantuan yang kami berikan baru bisa 100 paket mungkin kedepannya bisa lebih banyak lagi saat situasi mulai membaik,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini