Aksara Bali
Bupati Suwirta Apresiasi Prestasi Ni Kadek Sinta Peraih Juara I Lomba Nyurat Aksara Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Selamat dan terus semangat agar nantinya prestasi ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk mewakili Kabupaten Klungkung kedepannya. Ucapan apresiasi tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kepada Ni Kadek Sinta Nara Kasih di ruang kerjanya, Selasa (1/3/2022).

Ni Kadek Sinta Nara Kasih siswa SD kelas 6 asal Desa Klumpu, Nusa Penida ini merupakan siswa peraih juara I dalam Lomba Nyurat Aksara Bali serangkaian kegiatan Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022 yang digelar oleh Pemprov Bali.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Dorong Elektronifikasi dan Digitalisasi Transaksi Daerah

Bupati Suwirta berharap nantinya siswa yang lainnya bisa termotivasi dan dijadikan contoh atas prestasi yang sudah diraih oleh Kadek Sinta.

“Prestasi ini sungguh luar biasa, sebab nyurat aksara bali merupakan pondasi terpenting yang harus kita pelajari bersama sebagai tujuan untuk melestarikan budaya bali,” ujar Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta juga berharap ke depan Kadek Sinta jangan berpuas diri sampai disini, tetapi semangat agar terus selalu ditingkatkan untuk mencapai presatasi yang lebih tinggi.

“Tetap selalu tingkatkan semangat yang tinggi agar nantinya bisa kembali memberikan yang terbaik untuk Klungkung,” harap Bupati Suwirta kepada Kadek Sinta.

Baca Juga :  Tekankan Data yang Valid, Ratusan Penyuluh Bahasa Bali Ikuti Sosialisasi

Sementara, I Komang Suwitra yang merupakan ayahnya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Klungkung beserta jajaran terkait atas semangat dan dukungan yang telah diberikan kepada putrinya. Ia yang setiap hari bekerja sebagai buruh serabutan juga mengaku akan terus mendidik dan mendukung anaknya agar apa yang dicita-citakan bisa diraih.

Diakhir acara ini, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Jumpung Oka Wedhana memperlihatkan empat sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kementrian Kebudayaan RI. Keempat WBTB tersebut diantaranya Tenun Cepuk dari Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Ritual Dewa Masraman dari Banjar Timrah, Desa Paksebali Kecamatan Dawan, Barong Nong–Nong Kling dari Dusun Suwelagiri, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan dan Mecaru Mejaga–Jaga dari Desa Adat Besang Kawah Tohjiwa, Kecamatan Klungkung. Selanjutnya sertifikat ini akan diserahkan kepada masing-masing desa tersebut.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini