Tawur Agung
Bupati Suwirta Ikuti Prosesi Upacara Mapepada Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Klungkung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta muspayang sekaligus mengikuti prosesi Mapepada Tawur Agung Kesanga Tahun Caka 1943 di Catus Pata Klungkung, Selasa (1/3/2022).

Rangkaian prosesi upacara ini diawali dengan malaksanan persembahyangan bersama yang berlajan hikmat dipuput Ida Pedanda Gede Made Rai dari Griya Pidada, Semarapura Kangin. Turut hadir Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Klungkung Tjokorda Gde Agung, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra.

Bupati Suwirta berharap kegiatan tawur agung kesanga khususnya yang digelar dimasing-masing desa nantinya bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Semoga rangkaian kegiatan Tawur Agung Kesanga dan Nyepi Tahun Caka 1943 bisa berjalan dengan baik, damai dan lancar di Kabupaten Klungkung,” harap Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Bupati Tamba Gelar Buka Puasa Bersama Warga Cupel dan Pengambengan

Sementara Panita Upacara, Dewa Ketut Soma mengatakan bahwa upacara ini digelar rutin setiap setahun sekali. Saat ini pengempon upacara ini dilaksanakan oleh Desa Adat Anjingan, Kecamatan Banjarangkan. Adapun tujuan dari ucapara tawur agung kesanga ini yakni untuk menyucikan semua wewalungan atau binatang korban yang digunakan dalam prosesi upacara ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News