Pakaian Sholat Jumat
Ilustrasi. Sumber Foto : https://unsplash.com/photos/yl4kPRAmpbI

BALIPORTALNEWS.COMJika dalam bekerja Anda selalu memilih pakaian bagus untuk memberikan kesan terbaik kepada orang lain. Rasanya Anda juga perlu melakukan hal yang sama ketika beribadah. Terutamanya bila Anda laki-laki muslim. Kenakanlah pakaian terbaik ketika sholat Jumat. Mengingat salah satu sunnah dalam sholat Jumat adalah mengenakan pakaian rapi dan bersih.

Karena itu, luangkanlah waktu khusus untuk benar-benar mempersiapkan apa-apa saja yang perlu Anda pakai ketika hendak sholat Jumat. Berikut rekomendasi pakaian wajib pria untuk sholat Jumat yang harus Anda miliki.

5 Pakaian Basic yang Wajib Dimiliki Pria

Setiap pria tentu memiliki tipe fashion yang berbeda satu sama lain. Ada yang senang memakai pakaian casual dan ada pula yang lebih senang pakaian formal atau baju masuk. Namun, rata-rata dari mereka memiliki item fashion dasar pria yang menjadi outfit harian. Nah, inilah 5 pakaian wajib pria yang pasti tersimpan di lemari.

1. Baju Koko

Baju koko merupakan salah satu pakaian wajib yang harus dimiliki oleh pria muslim. Baju koko dapat digunakan untuk ibadah sholat jumat. Setidaknya seorang pria harus memiliki 2 baju koko yang dapat digunakan secara bergantian. Nah, warna baju yang wajib dimiliki pria yakni putih dan hitam. Karena 2 warna tersebut merupakan warna netral sehingga dapat dipadukan dengan warna bawahan apapun.

Kemudian pilihlah baju koko yang berbahan katun. Karena bahan katun cenderung tidak panas saat digunakan. Mengingat waktu sholat jumat terbilang tidak sebentar sehingga dibutuhkan baju koko yang dapat menyerap keringat. Nah, jika ingin membeli baju koko akan lebih mudah dengan berbelanja di marketplace karena dapat menghemat waktu dan bisa dilakukan di mana saja.

2. Kemeja Lengan Panjang

Kemeja lengan panjang menjadi salah satu pakaian wajib pria untuk sholat Jumat. Kenapa? Kemeja bisa menjadi pengganti baju koko. Pakaian khas yang banyak dipakai oleh kaum pria ketika beribadah, termasuk ibadah sholat Jumat.

Baca Juga :  Himatography ITB STIKOM Bali Jadi Pendamping Plagro.id

Sebagian dari Anda, sesekali mungkin malas ketika harus memakai baju koko. Karena itu, kemeja adalah pengganti baju koko yang pas dibandingkan dengan kaos. Kemeja untuk sholat Jumat sebaiknya yang longgar, jangan menggunakan yang ukurannya slim fit agar tak terlalu berbeda dengan baju koko.

3. Sarung

Bagi seorang pria muslim, sarung menjadi outwear wajib pria untuk menunjang kegiatan keagamaan maupun ibadah. Setidaknya, seorang pria harus memiliki 2 sarung yang dapat digunakan bergantian untuk ibadah. Saat ini banyak sekali motif dan ragam warna sarung dengan berbagai merk yang berada di pasaran. Tentu, berbagai warna dan motif tersebut menambah kesan fashionable pada seorang pria.

Anda dapat memadukan sarung tersebut dengan kemeja maupun baju koko untuk melaksanakan ibadah sholat jumat. Sebelum membeli sarung, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan kualitas bahan yang digunakan karena hal tersebut akan mempengaruhi kenyamanan saat digunakan. Usahakan untuk memilih kain sarung yang lembut dan tidak kaku sehingga nyaman digunakan dan membuat Anda leluasa saat bergerak.

Baca Juga :  Wujud Berbagi Astra Motor Bali Serahkan Hewan Kurban Kepada Masyarakat

4. Peci

Peci merupakan salah satu item yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan keagamaan maupun pelaksanaan ibadah. Peci juga sering disebut dengan kopiah, meskipun keduanya berbeda. Peci memiliki bentuk bulat dan kopiah memiliki bentuk lonjong. Peci pada awalnya diperkenalkan oleh saudagar Arab yang menyebarkan agama Islam di Asia. Kemudian dikenal sebagai identitas bangsa melayu.

Peci lebih banyak digemari dari berbagai kalangan usia. Baik kalangan muda, remaja hingga dewasa. Di Indonesia sendiri, peci menjadi salah satu peralatan sholat bagi seorang pria. Berbagai warna dan motif yang menarik menjadikan peci banyak digemari oleh berbagai kalangan.

5. Celana Sirwal

Pakaian wajib pria berikutnya yakni celana sirwal. Celana sirwal ini, selain cocok dikenakan saat sholat Jumat, juga cocok digunakan untuk berbagai jenis aktivitas sehari-hari. Celana sirwal memiliki berbagai jenis warna dan model. Ada yang polos, ada juga yang memiliki motif. Alangkah lebih baiknya untuk memilih warna-warna soft agar tampilan terkesan lebih berwibawa. Selain itu, warna soft juga sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai warna lain.

Baca Juga :  Festival Budaya Loloan, Tampilkan Tradisi Loloan Tempo Dulu

Anda dapat memadukan celana sirwal dengan berbagai atasan apapun. Misalnya saja, untuk sekedar jalan-jalan Anda dapat memadukan dengan atasan kaos. Nah, jika  digunakan untuk sholat jumat Anda dapat memadukannya dengan baju koko. Pastikan juga untuk memilih warna yang bernada satu tone sehingga terkesan serasi antara atasan dan bawahan yang digunakan.

Rekomendasi Celana Sirwal yang Nyaman

Celana sirwal yang nyaman saat digunakan yakni yang memiliki kualitas bahan yang bagus. Alangkah lebih baiknya untuk memilih celana sirwal berbahan katun. Selain memiliki tekstur yang tidak kaku, juga leluasa saat digunakan untuk beraktivitas.

Celana sirwal dapat melengkapi tampilan sholat jumat Anda agar terkesan rapi dan sopan. Selain itu, celana sirwal dapat digunakan untuk outfit dalam berbagai kegiatan sehingga menjadi pakaian wajib yang harus dimiliki oleh seorang pria.

Tidak perlu khawatir untuk menemukan celana sirwal dengan kualitas terbaik, Anda dapat membelinya melalui marketplace Blibli. Blibli merupakan salah marketplace di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan hidup mulai dari perabotan rumah, elektronik, pakaian hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Soal kualitas produk tidak perlu diragukan lagi.

Dapatkan penawaran dan promo menarik saat berbelanja di Blibli.com. Dijamin produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Anda dapat mengunduh aplikasi Blibli melalui Play Store yang ada di handphone kesayangan Anda.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini