Wahana Klinik
Persiapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, FKH Unud Jalin Kerja Sama dengan Wahana Klinik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana menjalin kerja sama dengan Wahana Klinik yang melibatkan Dekan, Para Wakil Dekan, Para Koordinator Program Studi, dengan Wahana Klinik pada Jumat (11/2/2022) bertempat di Ruang Pertemuan Coffee Secret’s Jalan Drupadi No.32 Renon Denpasar, Bali.

Dekan FKH, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si., dalam arahannya menyampaikan tujuan diadakannya pertemuan ini yaitu bahwa proses pembelajaran sekarang sesuai dengan petunjuk Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset Dan Teknologi mengikuti pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Lebih lanjut Prof. Suartha mengatakan bahwa kurikulum sekarang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama 3 semester, dimulai dari semesrter 5, 6 dan 7.

“Untuk Program Sarjana sedangkan pada Program Profesi yaitu pada Blok Kerumah Sakitan, Blok Bedah, Blok Penyakit Dalam dan Blok Praktek Kerja Lapangan (PKL),” ucap Prof. Suartha.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja dan Penandatanganan PKS dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Dr. drh. I Gusti Ngurah Sudisma, M.Si., menyampaikan. bahwa pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian yang senantiasa mesti diimplementasikan dalam setiap pembuatan Perjanjian Kerja Sama.

“Bidang Akademik akan dimaksimalkan peran Wahana Klinik dalam membantu proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan Case Base Learning (BCL) dan Project Base Learning (PjBL) ke depannya,” terang Gusti Ngurah Sudisma.

Sedangkan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Informasi dan Kerjasama, Dr. drh. I Wayan Sudira, M.Si., mengharapkan jalinan kerja sama ini perlu didokumentasikan sehinga tercatat, terukur dan mempunyai asas legal yang akan memudahkan saat dilakukan akreditasi.

Koprodi Sarjana Kedokteran Hewan, Dr. drh. I Nengah Wandia, M.Si., mengharapkan pembelajaran yang diberikan harus sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditargetkan sehingga mutu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini standarnya tidak turun, malah diharapkan supaya standarnya lebih tinggi.

Tak hanya itu, Koprodi Program Profesi Kedokteran Hewan (PPDH), Prof. Dr. drh. I Made Dwinata, M.Kes., menyampaikan bahwa kompetensi yang dicapai oleh mahasiswa diharapkan minimal sama dengan yang didapatkan pada pembelajaran di dalam kampus dan juga ia mengatakan dengan adanya kerja sama ini dapat mengatasi kepadatan mahasiswa yang mungkin dalam satu periode koasistensi jadwalnya berbarengan dengan beberapa Blok PPDH.

Selaras dengan pengembangan proses pembelajaran tersebut beberapa perwakilan dari Wahana Klinik  menyampaikan masukan dan harapannya untuk tercapainya kesepakatan dalam pembuatan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini.

Baca Juga :  Prodi Sarjana Fapet Unud Gelar Pembekalan dan Serah Terima Mahasiswa Peserta Magang Industri PKKM Tahun 2022

Beberapa Wahana Klinik yang ikut diundang dalam pertemuan tersebut adalah Pimpinan Sunset Veteriner Denpasar, Kedonganan Veterinary Badung, Bali Veterinary Clinic, Dr. Listriani & Associate (Veterinary Clinic), Central Veteriner, Klinik Drh Anom, Puji Vet Care, Sayang Satwa Klinik Hewan, Inu Neco Vet Care).

Pada kesempatan itu juga disampaikan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing Wahana Klinik, dan kapasitas jumlah mahasiswa yang bisa diterima. Pada kesempatan ini Tim Kerja Sama Unud yang diketuai oleh Drh. I Made Merdana, MP., telah menyusun draf PKS yang sudah disesuaikan dengan peraturan PKS yang distandarkan oleh Universitas Udayana.(unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini