UGM
UGM Peringkat Pertama Dapatkan Dana PKM Terbanyak Kemendikbud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Perkuliahan tatap muka secara langsung mulai dijalankan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dengan menyesuaikan situasi perkembangan Covid-19. Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan mahasiswa agar bisa kuliah dengan baik dan tetap sehat?

Psikolog dari UGM, Diana Setiyawati, M.HSc.Psy., Ph.D., mengatakan mahasiswa harus adaptif menjalani perkuliahan di tengah situasi pandemi Covid-19. Sebab, banyak penyesuaian sistim pembelajaran yang dilakukan merespon pandemi. Saat virus Covid-19 merebak, seluruh aktivitas perkuliahan yang semula dilakukan secara tatap muka diubah menjadi kuliah daring/online. Lalu, saat situasi mulai terkendali perkuliahan mulai mengarah pada sistim bauran antara daring dan tatap muka langsung.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesadaran Divaksin, Satgas Covid-19 Jembrana Kembali Gelar Gebyar Vaksinasi

“Yang penting itu adaptif itu kuncinya,” jelasnya.

Diana menyampaikan bahwa mahasiswa dituntut dapat adaptif dan bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan. Ia berharap mahasiswa tidak kaget dan tidak mudah kecewa dengan berbagai perubahan yang ada.

“Misal perkuliahan telah masuk offline lalu berubah menjadi online lagi diharapkan mahasiswa tidak kaget dan tidak kecewa denga perubahan-perubahan itu,” kata Kepala Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM ini.

Berikutnya, mahasiswa juga diharapkan bisa lebih peduli akan kesehatan mental diri. Tetap berusaha menjaga diri agar tetap sehat secara mental.

Baca Juga :  BlindStick, Tongkat Canggih Untuk Tunanetra Karya Mahasiswa UGM

Lalu tetap menerapkan gaya hidup sehat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan olahraga.

Tak kalah penting, mahasiswa diimbau untuk displin menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai peyebaran virus Covid-19.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini