Chrome
Rencana rilis Peramban Chrome versi 100. Sumber Foto : https://chromestatus.com/roadmap

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam postingan pada halaman support google pada Rabu (23/2/2022), Craig selaku Chrome Support Manager menyampaikan bahwa dengan dirilisnya versi stable dari Chrome versi 100, maka pihak perusahaan akan mematikan fitur Lite Mode pada peramban Chrome di perangkat Android.

Fitur Lite mode diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014 sebagai Penghemat Data Chrome, atau Chrome Data Saver yang berfungsi untuk membantu pengguna untuk menghemat penggunaan paket data pada smartphone mereka, dan menampilkan halaman web lebih cepat.

Baca Juga :  Menjadi Kota ke-1001, Layanan Maxim Hadir Menyapa Masyarakat Kota Gianyar

Pada halaman tersebut disebutkan juga bahwa Google sebagai pengembang dari peramban Chrome melihat dalam beberapa tahun terakhir mereka melihat bahwa di banyak negara terjadi penurunan harga dari paket data dan biaya internet pada perangkat smartphone, dan pihak mereka telah merilis berbagai pembaharuan pada Chrome untuk mengurangi penggunaan paket data dan meningkatkan proses loadinging website menjadi lebih cepat.

Meskipun fitur Lite Mode telah menghilang, namun pihak perusahaan berkomitmen untuk memastikan peramban Chrome bisa memberikan pengalaman loading website yang cepat pada perangkat Android.

Baca Juga :  Apple Rilis Aplikasi Untuk Lacak Airtags Pada Platform Android

Jika melihat dari halaman website Roadmap Google for Chrome pada Senin (28/2/2022), versi 100 dari peramban Chrome akan dirilis pada Selasa (29/3/2022) mendatang, sedangkan versi beta dirilis pada hari Kamis (3/3/2022) nanti.

Namun bagi pengguna Android dengan sistem operasi Android 12, hilangnya fitur Lite Mode harusnya bukan menjadi masalah, karena pada Android 12, terdapat fitur penyimpanan data atau Data Saver, yang memiliki cara kerja yang sama dengan Lite Mode. Fitur penyimpanan data dapat diakses pada Pengaturan > Data Seluler. (kmg/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini