Gek Kiki
Terkenal Karena Perannya yang Humoris, Siapa Sangka Gek Kiki Pernah Hampir Nekat Bunuh Diri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Kisah inspiratif datang dari seorang selebgram yang merupakan seorang transgender bernama Gek Kiki alias Galuh Liku (26), menyempatkan diri untuk berbagi cerita perjuangannya melewati masa-masa sulit dan sempat nekat mengakhiri hidup sebanyak 7 (tujuh) kali, walaupun pada akhirnya dirinya mantap menjadi seorang transgender seutuhnya yang mengatarkannya ke pintu kesuksesan.

Saat ditemui di Ubud, Gianyar, Gek Kiki yang memiliki nama lahir I Wayan Rikiawan Pratama menyempatkan diri untuk menceritakan pengalamannya tersebut kepada awak media, dimana sempat mengalami masa-masa pahit sebagai seorang transgender yang sering mendapat hinaan atau hujatan dari lingkungan keluarga dan lingkungan sosial lain sejak usia dini.

Baca Juga :  Perkuat Pengelolaan Lembaga, BPR Kanti Gelar Pelatihan Digitalisasi

“Kalau masalah hujatan, saya sudah terbiasa, bahkan bisa dikatakan sudah kenyang makan hujatan dari kecil,” ungkapnya.

Selanjutnya, caci maki yang diterima seorang Gek Kiki bukan hanya kekerasan verbal saja, dirinya juga sempat dikucilkan di lingkungan sosialnya hingga berbagai bentuk kekerasan fisik juga dia pernah dapati.

“Saya pernah diludahi dan di diusir karena saya kemayu, itu terjadi ketika saya kelas 3 SMP hingga masuk SMA,” papar Gek Kiki kepada jurnalis.

Hingga pada puncaknya, perlakuan tersebut membuat dirinya sempat mengalami depresi. Dirinya mengaku pernah ingin mengakhiri hidup. Keinginan bunuh diri tersebut diakuinya tidak saja sekali saja terlintas, namun sudah hampir dilkukannya hingga tujuh kali.

Baca Juga :  Anniversary Semeton PCX Gianyar di Warnai Bakti Sosial

Menurutnya, munculnya perasaan itu karena dirinya merasa sangat depresi terhadap penolakan yang diberikan keluarga dan masyarakat teehadap dirinya. Terlebih kondisi kemayu yang dialaminya sudah terkaji sejak usia remaja. Namun karena tidak ingin terpuruk terus, maka dirinya berusaha bangkit dan tetap terus berkarya sebagai seorang seniman.

Pada tahun 2017, Gek Kiki melakukan perbuahan total pada dirinya, untuk menyempurnakan penampilannya sebagai seorang wanita, yang pada akhirnya pun hal tersebut membuat dirinya mantap menjadi seorang transpuan dan meniti karir sebagai seorang seniman.

“Astungkara saat ini, saya bisa berkarya sebagai seorang seniman secara total, namun untuk ke depannya saya tetap ingin menjadi seorang transpuan, sehingga bisa total dalam berkarya,” tegasnya.

Baca Juga :  Dampak Covid-19, Omzet Jasa Catering Turun Drastis

Saat ini, Gek Kiki bisa dikatakan tengah menempuh jalan kuseksesannya, diketahui juga dirinya memiliki akun instagram @gekkiki dengan pengikut mencapai 15.000 lebih.

Selain menjadi selebgram, Gek Kiki juga mengatakan, penghasilannya dalam menjadi seorang seniman juga telah mampu membuatnya bertahan di masa pandemi Covid-19 ini, walaupun sedikit mengalami penurunan dirinya tetap bersemangat untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

“Pandemi ini, meskipun masih ada acara seperti MC dan endorsment, dan tampil sebagai Liku, namun pendapatannya turun, sekarang hanya mampu mengantongi sekitar Rp15 juta hingga Rp20 juta per bulan,” terangnya. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini