Hybrid Store
Dukung IKM Rambah Pasar Digital, Dekranasda Gianyar Dirikan Hybrid Store. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Mendukung perkembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Gianyar, Dekranasda Gianyar menggandeng PT. GOTO Gojek Tokopedia dan PT. Tokopedia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital serta menaikkan kelas perajin binaan Dekranasda Gianyar.

Upaya itu juga didukung membuka Dekranasda Gianyar Hybrid Store di Block B Pasar Seni Sukawati. Peresmian sekaligus pembukaan Dekranasda Gianyar Hybrid Store dilakukan Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, Sabtu (22/1/2021).

Ketua Dekranasda Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, istilah Hybrid Store digunakan karena Toko Dekranasda Gianyar di Pasar Seni Sukawati ini tidak hanya melayani penjualan secara offline saja, namun juga siap melayani konsumen secara online bekerjasama dengan Tokopedia dan Gojek.

“Kebutuhan digitalisasi IKM merupakan suatu keharusan untuk dapat bersaing lebih baik di pasar bebas. Dekranasda Hybrid Store merupakan langkah awal menyongsong IKM Gianyar Go Digital,” kata Surya Adnyani Mahayastra.

Baca Juga :  Kementerian Sosial RI dan Ajik Krisna Bersatu Membuka Peluang Kerja Bagi Difabel di Bali

Ditambahkan Surya Adnyani, saat ini Dekranasda Hybrid Store baru dapat memfasilitasi sebanyak 18 IKM antara lain, Pertenunan Putri Ayu, Tenun Sari Bakti Banjar Pesalakan, Kelompok Tenun Merak Mas Banjar Pengembungan, Tenun Cap Menuh, Tenun Sri Sedana, Puja Kebaya Lukis, Khalis Bali Bambu, Batik Warna Alam Pejeng, Kipas Lukis Ngakan Weda, Sunsri Silver, Suardita Silver, Tas Kulit So Projek, Bali Quwek Baju Barong, Yogi Keben Bali, Keben Uma Sari, Sang Dewi Sandal Homemade, Dupa Binaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar serta Produk UP2K PKK Desa se-Kabupaten Gianyar.

Sementara Bupati Gianyar, I Made Mahayastra mengatakan, sesuai visi misinya yang salah satunya adalah bagaimana konsentrasi kebijakan arah pembangunan Gianyar kepada para perajin. Karena UMKM yang ada di Bali, 60-70 persen ada di Gianyar. Karena itulah, pembangunan pasar-pasar yang layak untuk mendukung perkembangan para pengusaha kecil dan menengah untuk bisa hidup dan berkembang menjadi pengusaha-pengusaha besar.

Baca Juga :  Taman Safari Indonesia Hadirkan Bali Royal Chilli Festival 2024, Kupas Resep Sambal Legendaris Kerajaan di Bali

“Selama tiga tahun ini, Pasar Sukawati kita selesaikan. Bahkan saya menghadap khusus Bapak Presiden, untuk meneruskan. Karena kalau Blok A dan Blok B saja selesai, C nya masih tidak bagus, pemandangannya akan tidak bagus. Sehingga lanjut saya tuntaskan,” tutur Mahayastra.

Bupati Mahayastra menambahkan, pembangunan Pasar Seni Sukawati sudah menggunakan standar bangunan gedung hijau yang sudah disertifikasi bahkan pembangunan Pasar Seni Sukawati ini juga telah mendapatkan beberapa rekor muri.

Bupati Mahayastra juga mengapresiasi langkah Go Digital yang dilakukan Dekranasda Gianyar. Dengan ini IKM Gianyar selangkah lebih maju dan siap bersaing di pasar global. Bekerjasama dengan Tokopedia dan Gojek yang sudah sangat dikenal oleh seluruh orang di Indonesia akan memudahkan produk kerajinan Gianyar dipasarkan di pasar digital.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Pande Ketut Krisna, Pencipta Kaos Barong yang Legendaris

“Saya berharap akan banyak lagi Hybrid Store yang tumbuh di Kabupaten Gianyar. Tidak cukup hanya disini. Nanti kita punya Pasar Rakyat Gianyar sama Pasar Rakyat Ubud,” kata Bupati Mahayastra.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News