TNI
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Munculnya desas-desus Mayjen TNI Maruli Simanjuntak akan menjabat sebagai Pangkostrad selanjutnya ternyata bukan lagi sekedar isapan jempol semata. Pasalnya, Pangdam IX/Udayana tersebut, telah resmi dipilih untuk menduduki jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad) oleh Panglima TNI Jendral TNI Andika Perkasa.

Untuk dapat diketahui, jabatan Pangkostrad memang sempat kosong setelah sebelumnya Jenderal Dudung Abdurachman telah resmi dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) beberapa waktu yang lalu.

Menurut informasi, untuk mengisi kekosongan tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Informasi mengenai resminya Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Pangkostrad yang baru juga dibenarkan oleh Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Letkol Kav Antonius Totok saat dikonfirmasi oleh awak media, pada Sabtu (22/1/2022).

“Benar, resmi (menjabat Pangkostrad, red) surat keputusannya seperti itu,” kata Kapendam Udayana.

Sementara itu, dengan adanya informasi Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad, tentu kursi jabatan Pangdam IX/Udayana juga akan mengalami pergeseran. Saat disinggung mengenai hal tersebut, Kapendam Udayana menyebutkan bahwa Mayjen TNI Sonny Aprianto yang sebelumnya Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN akan menggantikan Maruli menjadi Pangdam IX/Udayana yang baru.

Baca Juga :  Masyarakat Bali Menilai Bansos Tunai Pemerintah Melalui TNI Lebih Efektif Teralisasi

“Penggantinya Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE., MM, dari BIN, sesuai Skep Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022. Mengenai sertijab, kita belum bisa memastikan waktunya. Karena saat ini beliau (Mayjen TNI Maruli Simanjuntak) masih ada agenda di Jakarta,” terangnya. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini