Sekolah Sehat
Sekolah Tatap Muka di Tengah Kekhawatiran Bahaya Omicron, Mahasiswa MIKM FK UNUD Lakukan Sosialisasi Pedoman Sekolah Sehat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNUD Angkatan XII Tahun Ajaran 2021/2022, Senin (3/1/2022) menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk ‘Sosialisasi Sekolah Sehat Untuk Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19’ bertempat di SD Negeri 5 Padangsambian.

Kegiatan bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan yang baik di masa pandemi Covid-19 di sekolah.

Kegiatan ini melibatkan seluruh sekolah dasar yang tergabung dalam Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat, hadir pula dalam kesempatan ini Koordinator Program Studi MIKM FK UNUD, Prof. dr. Pande Putu Januraga, M.Kes, DrPH., beserta beberapa dosen MIKM.

Baca Juga :  Teliti Perkawinan Masyarakat Sasak, Hantarkan Aris Akbar Raih Gelar Doktor

Dalam sambutannya Prof. Pande menyampaikan terima kasih kepada SDN 5 Padangsambian karena sudah memfasilitasi mahasiswa MIKM angkatan XIII untuk melaksanakan kegiatan pengabdian di sekolah. Kegiatan pengabdian merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan selain aspek pendidikan dan penelitian.

“Pentingnya protokol dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah pada masa pandemi Covid-19 sehingga tidak terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19 pada anak-anak, seperti yang terjadi di Eropa karena adanya euforia akibat cakupan vaksinasi yang dianggap sudah tinggi serta pentingnya tetap waspada terhadap varian Omicron,” terang Prof. Pande.

Baca Juga :  Sambut Bulan K3 Nasional 2022, PLN Bali Capai 707 Hari Tanpa Celaka

Sementara pihak Kepala SD Negeri 5 Padangsambian sangat menyambut baik dan berterima kasih sekolahnya sudah dipercaya menjadi lokasi pengabdian dan dijadikan percontohan untuk sekolah sehat dan ideal untuk pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19.

“Kami berharap kegiatan pengabdian seperti ini juga bisa dilakukan di sekolah-sekolah lain untuk mencegah penularan Covid-19 pada anak-anak peserta didik,” ungkap I Made Saptudiarta, S.Pd selaku Kepala SD Negeri 5 Padangsambian.

Dapat dilaporkan seluruh mahasiswa MIKM angkatan XIII sebanyak 48 orang terlibat aktif dalam kegiatan ini mulai dari persiapan hingga acara puncak Sosialisasi pedoman dan pemutaran video Sekolah Sehat Untuk Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Pada kesempatan ini diserahkan pula cinderamata berupa Plakat Kegiatan Pengabdian dan bantuan berupa media edukasi, hand sanitizer dan masker medis anak untuk menunjang kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Baca Juga :  PUPAR Unud Rekomendasikan Ratu Bhasma untuk Percepatan Desa Wisata Babahan

“Kami berharap apa yang kami berikan dapat bermanfaat untuk sekolah dan mohon maaf jika ada hal yang tidak berkenan selama kegiatan pengabdian kami di sekolah ini,” ungkap dr. I Made Dwi Ariawan selaku Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat MIKM angkatan XIII. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here