Mandalika
Angkat Masalah Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar KEK Pariwisata Mandalika, Murianto Tekankan Pembangunan Berbasis Cluster. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Pariwisata Universitas Udayana kembali melahirkan seorang Doktor Pariwisata pada Sidang Terbuka Promosi Doktor untuk promovendus Murianto, SST. Par., M. Par, Senin (3/1/2022).

Promovendus merupakan sebutan untuk sarjana yang menyusun disertasi dan mempertahankannya untuk memperoleh gelar doktor di perguruan tinggi.

Bertindak sebagai Ketua Sidang adalah Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si., dan Ketua Dewan Penguji adalah Prof. Dr. Ir. Syamsul Alam Paturusi, MSP., bersama penguji Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A. (promotor); Dr. Drs. I Nyoman Sunarta, M.Si (Kopromotor 1); Dr. Drs. I Made Suyasa, M. Hum (Kopromotor 2); Prof. Dr. Ir. Made Antara, M.S.; Prof. Dr. I Komang Gde Bendesa, M.A.D.E.; Dr. Yohanes Kristianto, M. Hum., dan Dr. Fatthurahim, M.S.

Di hadapan dewan penguji, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Pemberdayaan Masyarakat di Desa Penyangga Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika Lombok’.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri HUT Ke-1 SMPN 16 Denpasar

Berdasarkan hasil disertasinya, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dalam tahap pengembangan dengan bentuk dan level partisipasi masyarakat desa penyangga yang berbeda-beda dari level 1-5. Oleh karena itu, penyadaran mental masyarakat dipandang perlu dengan memasukan nilai-nilai agama, adat budaya dan kearifan lokal agar partispasi yang timbul atas kesadaran diri semakin kuat dan dilakukan secara kolektif  dalam kerangka pentalix.

“Temuan penelitian juga menekankan model pemberdayaan masyarakat di desa penyangga KEK Mandalika Lombok yang berbasis cluster,” papar Murianto.

Promovendus merupakan dosen aktif di Program Studi Sarjana Pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Murianto, SST. Par., M.Par., menamatkan pendidikan sarjana pada Program Studi D-IV Pariwisata di Univesitas Udayana (Unud) pada tahun 2011, kemudian meraih gelar master pada bidang Pariwisata di Unud pada tahun 2014.

Selain aktif menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Murianto juga aktif dalam berorganisasi diantaranya sebagai Ketua di Surya Budaya Nusantara (2016 – sekarang), dan sejak 2020 aktif sebagai Konsultan di THINQ Konsultan Pariwisata Indonesia, Wakil Ketua Bidang Pariwisata di Pemuda Muhammadiyah, serta Wakil Ketua PORTIR Indonesia. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News