KUI
KUI Unud Gelar Rakor dengan FPAR, Bahas Kerja Sama dengan Nanchang University dan Tongmyong University. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar rapat koordinasi membahas kerjasama dengan Nanchang University dan Tongmyong University dengan Fakultas Pariwisata pada Rabu (19/1/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Dekan Fakultas Pariwisata, Dr. I Wayan Suardana, SST.Par., M.Par., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Fakultas Pariwisata, Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si., Staff Pengelola Akademik dan Statistik-BAKHM, I Ketut Budiartawan, S.Kom., M.Si., Koordinator KUI, Dr.Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST., MT., M.Eng., Direktur TCI, Drs. I Made Sendra, M.Si., Staff Pengelola TCI, Dr. I Gusti Ngurah Widyatmaja, SST.Par., M.Par., dan Dosen FPar Ni Made Sofia Wijaya, SST.Par., M.Par., Ph.D., bertempat di kantor KUI Bukit Jimbaran.

Baca Juga :  Dorong Capaian IKU, Fakultas Pariwisata Unud Mantapkan Persiapan Akreditasi Internasional FIBAA

Koordinator KUI dalam pembukaannya menjelaskan materi yang akan dibahas yang diantaranya adalah kerjasama dengan Tongmyong University dengan beberapa fakultas di unud diantaranya Fakultas Teknik, Fakultas Pariwisata, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan membahas program kerjasama dengan Nanchang University melalui TCI.

Direktur TCI dalam diskusinya memaparkan ‘the agreement on the 2+2 Joint Program between Nanchang University and Udayana University’. Perjanjian ini berisi program joint degree, double degree, inbound dan outbound program yang diinisiasi oleh Nanchang University.

“Kami menambahkan bahwa Nanchang university siap memfasilitasi pendanaan dalam hal ini adalah tuition fee pada saat program ini berjalan di UNUD,” ujar I Made Sendra.

Dekan FPAR Unud menyampaiakan perlunya mengoptimalkan manfaat perjanjian ini dengan memperhatikan aturan dan kurikulum yang harus dipatuhi agar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca Juga :  Ambyar Team FEB Unud Terbaik 3 Kompetisi Bisnis Tingkat Nasional

“Kami siap untuk memfasilitasi  dan menerima program ini untuk dapat berjalan di Unud dan berharap dapat melaksanakan student exchange dengan Nanchang University selain Double degree dan joint degree,” pungkas I Wayan Suardana.

Koordinator KUI menambahkan bahwa dalam pembentukan program ini memerlukan Ijin dari DIKTI agar dapat diakui dan dalam pembentukan progam ini memerlukan informasi detail terkait kurikulum dan skema pembelajaran.

Koordinator KUI juga menyampaikan bahwa ada permintaan dari DIKTI untuk menambahkan satu point yang bilamana mahasiswa yang mengikuti Double Degree pada program ini akan melanjutkan S2, agar tidak melalui matrikulasi. Sebagai tambahan informasi.

Baca Juga :  Peringatan HKD 2022, KOMPAK Unud Sosialisasi Kanker di Dwikura

Koordinator KUI melanjutkan rakor dengan membahas kerjasama dengan Tongmyong University (TU) dengan menjelaskan bahwa pihak TU akan membentuk program Double Degree, pertukaran pelajar dan dosen, dan kerjasama riset. Koordinator KUI menyarankan Fakultas Pariwisata UNUD bekerjasama dengan Jurusan ‘Global Business Convergence’ TU karena pada mata kuliah yang ditawarkan oleh jurusan tersebut memiliki relasi dengan fakultas pariwisata. Dekan Pariwisata menyambut baik tawaran tersebut dan akan melakukan diskusi internal untuk dapat menyusun PKS dengan jurusan tersebut. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini